Libur Lebaran

RSUPHAM Siagakan Lima Dokter Spesialis

rsupham-siagakan-lima-dokter-spesialis

Medan, (Analisa). Guna memastikan pelayanan tetap berjalan, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) menyiagakan  lima dokter di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUPHAM, dr Zainal Safri SpPD SpJP menyampaikan, kelima dokter tersebut masing-masing, dokter spesialis bedah, spesialis anak,  spesialis penyakit dalam, spesialis obgyn, dan dokter spesialis anastesi. 

"Jadi biar pun libur (lebaran) keempat dokter ini ditambah anastesi akan tetap ada di rumah sakit," ungkapnya kepada wartawan, Minggu (26/5).

Zainal menjelaskan, pelayanan saat libur panjang, baik lebaran atau perayaan hari besar lainnya memang telah secara reguler dilakukan oleh RSUPHAM. Untuk menyikapi ini, pihaknya juga telah menggelar rapat persiapannya.

"Semua yang terlibat sehari-hari sudah kita panggil. Jadi pelayanan nantinya akan kita fokuskan di IGD, karena pergolakan pasien ada di sana," jelasnya.

Namun begitu, sambung dia, untuk operasi elektif pada libur nanti sudah tidak dijadwalkan, melainkan hanya operasi yang sifatnya emergensi saja yang tetap diberikan pelayanan. 

Sedangkan untuk rawat jalan, tutur dia, RSUPHAM tetap akan memberikan pelayanan bagi pasien yang melakukan sambung obat, dan farmasi juga sudah menyediakan stok obat-obatan. "Jadi mudah-mudahan semuanya bisa lancar," harapnya.

Sementara itu, untuk layanan hemodialisa (cuci darah) sambung Zainal, pelayanan juga tetap akan dilakukan seperti biasa. Begitu pula untuk radiologi, pelayanannya tidak akan diliburkan. "Jadi selain kelima dokter utama tadi, kita juga menyiapkan para dokter PPDS. Jadi di sini mereka akan standby, dan akan tinggal di rumah sakit," pungkasnya. 

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUPHAM, dr Hutama Abdi Tarigan menambahkan, untuk pelayanan di IGD juga akan disiagakan dokter on call. Para dokter ini nantinya akan datang bila dipanggil, ketika ada pasien seperti paru atau THT yang membutuhkan perawatan darurat. 

Begitu juga, lanjut dia, untuk perawat, sebanyak 20 perawat juga tetap bekerja secara normal di hari libur panjang lebaran nanti. Para perawat ini, terangnya, akan bekerja dalam dua shift, siang dan malam. "Untuk lantai satu kita tempatkan 10 perawat, dan 10 perawat lainnya kita tempatkan di lantai atas, seperti di ruang isolasi, kebidanan, maupun lainnya," tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) RSUPHAM, dr Bambang Prabowo MKes menyampaikan, libur panjang saat lebaran dipastikannya layanan rumah sakit tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja untuk layanan yang diberikan lebih utama untuk yang emergensi, sedangkan untuk rawat jalan sifatnya terjadwal. "Kita akan tetap buka dan dokter spesialis jaga seperti di IGD juga kita sediakan. Jadi, apabila ada kritikan nantinya, seperti keluhan pasien ke rumah sakit tidak menjadi masalah. Sebab itu akan menjadi masukan yang bagus bagi perbaikan rumah sakit agar lebih maju ke depannya," ujarnya. (zie)

()

Baca Juga

Rekomendasi