Kadis Kebudayaan Ziarah ke Pemakaman Kesultanan Deli

kadis-kebudayaan-ziarah-ke-pemakaman-kesultanan-deli

Medan, (Analisa). Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan Kota Medan, OK Zulfi beserta jajaran ziarah ke pemakaman Kesultanan Deli di kompleks Masjid Raya Al Mashun Medan, Kamis (2/5).

Saat itu, OK Zulfi dan jajaran juga berdoa untuk para penda­hulu Kesul­tanan Deli, yakni ma­kam Sultan Mah­mud Al Rasyid Ibni Tuanku Mah­mud Perkasa Alam, Tuanku Sul­tan Ama­luddin Sani Per­kasa Alam dan Otte­man Mah­mud Perkasa Alam.

“Ziarah ini untuk meng­hor­mati para pendahulu Kerajaan Kesultanan Deli sekaligus men­doakannya. Seperti ma­sya­ra­kat umum lain, men­jelang Ra­madan ziarah ke makam almarhum orangtua,” ujarnya.

Dikatakan, ziarah ke ma­kam-ma­kam Kerajaan Kesul­tanan Deli ini juga dapat men­jadi contoh baik kepada ma­syarakat untuk menghormati para pe­dahulu, sekaligus se­bagai ungkapan syukur ter­ha­dap apa yang telah dila­kukan Kerajaan Kesul­tanan Deli se­belumnya.

Menurutnya, para penda­hulu Kera­ja­an Kesultanan Deli sangat berperan dalam penye­baran syiar Islam yang sa­lah satunya dengan keberadaan Mas­jid Raya. Selain itu ada juga di Medan Labuhan, Deli­ser­dang serta Langkat. Tak sampai di situ, Kerajaan Sultan Deli juga berperan memajukan dunia pendidikan, salah satu­nya mem­be­rikan sejumlah bea­siswa.

Beasiswa tersebut, kata­nya, di an­taranya, Kerajaan Kesultanan Deli mem­berikan beasiswa kepada kera­batnya yakni Prof Mahadi. “Ini me­nunjukan para Sultan Kera­jaan Kesul­tanan Deli berperan dalam penyebaran syiar Islam dan kemajuan pendidi­kan,” terangnya.

Di kesempatan sama, Ok Zulfi ber­sama rombongan juga melihat ruang kerja Kesul­tanan Deli yang berada persis di bawah gerbang depan Masjid Raya Al Mashun.

Di rua­ngan tersebut, masih terdapat meja kerja dalam kon­disi baik dan bersih. (hen)

()

Baca Juga

Rekomendasi