DMDI Diharap Jadi Pelopor Pemersatu Masyarakat Melayu di Sumut

dmdi-diharap-jadi-pelopor-pemersatu-masyarakat-melayu-di-sumut

Analisadaily (Medan) - Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) diharapkan menjadi pelopor pemersatu masyarakat Melayu di Sumatera Utara (Sumut). Hal itu diperlukan mengingat Sumut sebagai “negeri berbilang kaum” yang memiliki beragam suku dan agama.

“Suku Melayu itu tersebar di seluruh Sumut, mulai dari Labusel sampai ke Langkat. Diharapkan DMDI menjadi pelopor kebersamaan untuk membangun masyarakat Melayu,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, ketika menerima audiensi pengurus DMDI, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur, Selasa (18/6).

Melayu, kata Edy, memiliki keanekaragaman adat dan budaya, yang saat ini sudah hampir hilang. Karenanya, DMDI sebagai organisasi Melayu diharapkan dapat menggali dan menumbuhkan kembali adat budaya Melayu, seperti pakaian adat Melayu, Teluk Belanga dan pantun.

“DMDI diharapkan bisa memunculkan kembali adat budaya Melayu, karena begitu beragam dan kaya akan budaya, dengan mengundang para tokoh budaya, serta pemangku adat Melayu. Sehingga adat budaya yang ada di Sumut ke depan akan semakin besar,” sebutnya.

Edy juga berpesan, agar organisasi-organisasi sosial budaya seperti DMDI tidak terjebak dalam politik praktis. Puak puak Melayu, harus membangkitkan semangat Melayu. Kalau sudah terjebak politik praktis, maka akan ada perpecahan.

“Melayu itu jangan dibawa ke mana-mana, tetapi ada di mana-mana, tapi tetap bersama di rumah besar Melayu.  Melayu itu harus bisa berguna di Sumatera Utara,” tambahnya.

Ketua DMDI, Said Aldi Al Idrus mengatakan, untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Sumut, dalam waktu dekat DMDI akan membuat lumbung bahan pokok dan membagikannya secara gratis ke masyarakat di 10 kecamatan di kawasan pesisir Sumut.

“Selanjutnya akan membuat pertemuan Jambore pemuda etnis budaya seluruh suku memperebutkan piala Gubernur Sumut, untuk menjalin dan mempererat silaturahmi antar pemuda Melayu dan seluruh pemuda etnis yang ada di Sumut,” sebut Said.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi