Dirjen PAS Pastikan Rutan Sigli Sudah Kondusif

dirjen-pas-pastikan-rutan-sigli-sudah-kondusif

Analisadaily (Sigli) - Pasca sempat terjadinya rusuh di Rutan Klas IIb  Sigli, Sri Puguh Budi Utami, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) melakukan video call dengan warga binaan di sana, Senin (3/6).

"Bapak-bapak tenang untuk menyelesaikan puasa Ramadan. Saya akan mendengarkan apa yang menjadi keluhan  dan menindaklanjuti," kata Utami yang disambut riuh oleh warga binaan.

Pada saat yang sama Utami sedang menghadiri acara Spesial Ramadan di Lapas Narkotika Jakarta bersama Ustaz Yusuf Mansyur dan Kang Rashied.

"Situasi sudah kondusif, tidak ada korban jiwa dan tidak terjadi pelarian, gedung utama yang terbakar, api sudah padam," jelas Utami tentang kondisi terkini Rutan Sigli.

"466 orang penghuni Rutan Sigli sudah dapat dikendalikan. Saat ini Kepala  Rutan bersama Dandim masih terus melakukan  pendekatan dan komunikasi dengan warga binaan," lanjutnya.

Peristiwa diperkirakan bermula pada pukul 12.00 WIB. Terjadi kesalahpahaman antara warga binaan dan seorang petugas, yang akhirnya menimbulkan percekcokan berujung pada pembakaran dan kerusuhan.

"Kebakaran dan kerusuhan dapat dipadamkan bekerjasama dengan Polres dan Pemadam Kebakaran Pidie," jelas Utami lagi.

"Kepastian penyebab kerusuhan masih dilakukan penyelidikan dan pendalaman  oleh Tim Divisi PAS Banda Aceh bersama Polres Pidie," tambahnya.

Utami kembali mengingatkan kepada seluruh Lapas dan Rutan agar menjaga lingkungan tetap kondusif.

"Dalam pelaksanaan tugas harus  berdasar aturan dan sesuai SOP yang diterapkan dengan  baik dan benar. Penegakan hukum sekaligus pelindungan HAM, teriring doa semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya," pungkasnya.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi