R Kelly Ditangkap

r-kelly-ditangkap

Penyanyi asal Amerika Serikat (AS) R Kelly ditahan atas tuduhan kejahatan seks, Kamis (11/7) malam waktu setempat. Ia ditangkap saat berada di Chicago dan tengah membawa anjing peliharaannya berjalan-jalan.

Kelly didakwa mela­kukan perdagangan seks di New York, serta terkait dalam kasus sejenis di Atlanta. Penangkapan terha­dap pelantun lagu ‘I Believe I Can Fly’ itu dilakukan setelah pengadilan di Illinois menjatuh­kan 13 dakwaan terhadapnya.

Di antara dakwaan tersebut mencakup pornografi pada anak dan menghalangi tuntutan ke­adilan. Penangkapan Kelly juga dibantu Departemen Kepolisian New York, Badan Investigasi Keamanan Dalam Negeri, dan mitra federal lainnya.

Dalam dua dekade terakhir, Kelly te­lah menghadapi sejum­lah dak­waan ke­ja­hat­­an sek­sual. Mulai da­ri tuduhan pelecehan, manipulasi, hingga pertemuan yang tidak pantas dengan sejum­lah anak-anak perem­puan di bawah umur.

Pada Februari lalu, Kelly didakwa 10 tuduhan pelecehan seksual melibatkan empat kor­ban, termasuk tiga di antaranya anak perempuan di bawah umur. Tuduhan ini dimulai dari 1998 hingga 2010.

Meski demikian, Kelly mem­bantah segala bentuk tuduhan kejahatan seksual tersebut. Be­berapa hari lalu, ia juga meng­unggah bukti telah memberikan uang jaminan sebesar 100 ribu dolar AS dan dapat mening­gal­kan penjara di Cook County, Chicago.

Pada akhir Mei lalu, seorang juri agung AS mendakwanya atas 11 tuduhan lebih lanjut yang berkaitan dengan gugatan dari empat orang. Termasuk di dalam dakwaan tersebut adalah sera­ngan seksual dan kejahatan yang dikategorikan sebagai Class X dan Class 1.

Menurut hukum yang dite­tap­kan di Illnois, seseorang yang terbukti melakukan tindak pi­dana Class X dapat dihukum hingga 30 tahun penjara, demi­kian dilansir dari CNN, Jumat (12/7). (rci)

()

Baca Juga

Rekomendasi