Festival Gasing Dimeriahkan Tim Singapura

festival-gasing-dimeriahkan-tim-singapura

Siak, (Analisa). Gubernur Riau Syamsuar membuka Festival Gasing In­ternasional II di Ka­bupaten Siak dengan peserta dari Riau, Kepulauan Riau hingga negara tetangga Singapura, Jumat malam (12/7).

"Kami sambut baik Fes­tival Gasing ini. Selain un­tuk silaturahmi, ini juga ada­lah kesempatan kita untuk gembira. Karena pada per­mainan ini tak pernah ada berkelahi, suasananya pasti akan hiruk-pikuk gembira meskipun kalah,"ujar Syam­suar di Taman Tengku Sul­tanah Aminah, Siak.

Dikatakannya, gasing adalah permainan rakyat yang dulu banyak dihelat masyarakat. Kegiatan ter­bu­ka seperti ini dilakukan sejak dahulu dan pesertanya banyak juga yang datang dari luar Siak.

Ia berharap hal ini akan menular ke kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. Pa­salnya permainan rakyat harus dilestarikan agar tidak hilang sekaligus juga bagian dari promosi wisata daerah.

Pada kesempatan itu hadir juga Ketua Pengurus Besar Persatuan Gasing Indonesia (Pergasi), Agus MD. Me­nu­rutnya, selain di In­donesia, permainan ini juga sudah ada persatuannya di lima negara Asia Tenggara.

"Diprakarsai Malaysia dibentuk nama persatuannya Asean Gasing Association. Anggotanya Indonesia, Ma­laysia, Brunei Da­russalam, Singapura, dan Thai­land. Sudah beberapa kali juga diadakan Seminar Ga­sing tingkat Asia Teng­gara," ujarnya. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi