S&P Berakhir Hampir Datar

sp-berakhir-hampir-datar

New York, (Analisa). Indeks acuan S&P 500 sedikit berubah pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), setelah bergerak antara wilayah positif dan negatif sepanjang sesi, ketika Citigroup Inc (C.N) memulai musim laba dengan laporan triwulanan beragam.

Bank melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan tetapi juga turun dalam margin bunga bersihnya. Penurunan margin bunga bersih memicu penurunan saham-sa­ham bank lain di tengah kekhawatiran bahwa hal itu akan menunjukkan keuntu­ngan yang lebih rendah di industri karena suku bunga telah turun.

Meskipun saham Citigroup menghapus hampir semua kerugiannya hingga berakhir hanya 0,1 persen lebih rendah, indeks bank S&P 500 melemah 1,0 persen. Saham JPMorgan Chase & Co, Goldman Sachs Group Inc dan Wells Fargo & Co, — semuanya siap melaporkan hasil keuangan mereka pada Se­lasa — turun lebih dari satu persen.

Akibatnya, saham-saham keuangan tu­run 0,5 persen menjadi yang paling mem­bebani S&P 500 di antara 11 sektor utama lainnya.

Namun demikian, keuntungan dalam saham teknologi dan perawatan kesehatan mengimbangi kerugian dalam saham ke­uangan. Sektor-sektor tersebut mem­bantu mengangkat Nasdaq sedikit lebih tinggi untuk mencetak rekor penutupan tertinggi keempat berturut-turut. Laporan laba kuar­tal kedua dimulai dengan sungguh-sung­guh minggu ini, dan analis memper­kirakan perusahaan S&P 500 melaporkan pe­nu­runan laba 0,3 persen yang akan men­jadi penurunan kuartalan pertama dalam tiga tahun, menurut data Refinitiv IBES.

Saham-saham AS kemungkinan akan diredam hingga lebih banyak hasil masuk, kata Oliver Pursche, kepala strategi pasar di Bruderman Asset Management di New York. Tiga indeks utama berakhir pekan lalu pada rekor penutupan tertinggi, karena ko­mentar dovish dari Ketua Federal Re­serve Jerome Powell mendukung harapan bank sentral akan memangkas suku bunga akhir bulan ini.

“Ini benar-benar lingkungan yang me­nunggu dan melihat,” kata Pursche. “Citi dipandang agak mengecewakan.” Namun laba yang solid dapat mem­berikan saham-saham AS dorongan lebih lanjut, kata Lamar Villere, manajer portofolio dari Villere Balanced Fund di New Orleans.

“Kami pikir laba pada umumnya akan positif musim ini,” katanya. “Kami sudah menangis tahun ini, tetapi kami masih memiliki ruang untuk pergi.”

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 27,13 poin atau 0,10 persen, menjadi ditutup di 27.359,16 poin. Indeks S&P 500 berakhir menguat 0,53 poin atau 0,02 per­sen, menjadi 3.014,30 poin. Indeks Kom­posit Nasdaq bertambah 14,04 poin atau 0,17 persen, menjadi ditutup di 8.258,19 poin. Saham Gilead Sciences Inc meningkat 2,7 persen, membantu meningkatkan indeks kesehatan S&P 500, karena pembuat obat mengatakan akan menginvestasikan 5,1 miliar dolar AS dalam ekspansi besar kemit­ra­annya dengan bioteknologi Galapagos NV.

Saham Boeing Co tergelincir 1,0 persen setelah laporan Wall Street Journal pada Minggu (14/7) mengatakan bahwa jet 737 MAX-nya bisa tetap dilarang terbang sam­pai awal 2020.

Saham Symantec Corp jatuh 10,7 persen, persentase penurunan terbesar di antara peru­sahaan S&P 500, setelah sebuah lapo­ran mengatakan bahwa perusahaan cy­ber­security itu dan Broadcom Inc telah meng­hentikan pembicaraan kesepakatan. Saham Broadcom naik 1,0 persen. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi