Tingkatkan Sektor Pariwisata

Industri MICE di Jakarta Harus Dioptimalkan

industri-mice-di-jakarta-harus-dioptimalkan
Yogyakarta, (Analisa). Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo menyebutkan potensi industri “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (MICE) di Jakarta harus diop­timalkan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Ibu Kota Negara. Penye­lengaraan “MI­CE” di Jakarta merupa­kan faktor potensial untuk mening­katkan kunjungan wisata­wan manca­ne­gara (wisman).

“Kita memfasilitasi pihak-pihak ter­kait dan juga berbagai forum serta aso­siasi, kita sama-sama bagaimana kita bisa mendorong pariwisata ini, sa­lah satunya dengan meningkatkan ber­bagai ‘event’ di DKI Jakarta. De­ngan banyak­nya ‘event’ ini nantinya juga akan banyak berpe­ngaruh ke pendapa­tan termasuk pari­wisata,” ujar Hamid saat diskusi dengan awak media di Yogya­karta, Senin (15/7) ma­lam.

Dari hasil survei Bank Indonesia, keda­tangan wisman ke Jakarta teru­tama untuk berbisnis, sehingga pe­ngem­­bangan industri MICE dapat menjadi pijakan awal mendo­rong in­dustri pari­wisata Jakarta, khususnya untuk mena­rik wisman. Se­banyak 53% wis­man  ke Jakarta untuk berbis­nis, sedang­kan 47% untuk jalan-jalan (leisure).

Pada 2017 lalu, “event” (gelaran) MICE di Jakarta mencapai 652 gela­ran. Tahun lalu, gelaran MICE me­ning­kat menjadi 892 gelaran.

Jakarta sendiri saat ini baru memi­liki empat lokasi MICE dengan kapa­sitas besar yaitu Jakarta Convention Centre (JCC) seluas 15.615 m2 dengan kapasitas 16.650 orang, Jakarta International Expo Kemayoran seluas 35.487 m2 berkapasitas 67.000 orang, Grand Sahid Jaya seluas 5.380 m2 berkapasitas 6.580 orang, dan Bida­kara 2.800 m2 berkapasitas 4.440 orang.

Selain itu, kurangnya “incentives” atau daya tarik yang ditawarkan menjadikan peringkat kota Jakarta masih rendah di antara kota-kota penyelenggara MICE lainnya di dunia. Dari 658 kota di dunia, peringkat Jakarta terus merosot pada lima tahun terakhir. Jika pada 2013 Jakarta bisa menempati peringkat MICE 94, pada 2018 berada di peringkat 216. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi