Pajak Digital

Prancis Ajak G-7 Cari Solusi Bersama

prancis-ajak-g-7-cari-solusi-bersama

Paris, (Analisa). Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, mengajak negara-negara eko­nomi maju utama di dunia yang ter­gabung menjadi G-7 (Kanada, AS, Inggris, Prancis, Italia, Jepang, dan Jerman), Selasa (16/7) saat pertemuan di­ luar Paris pekan ini, untuk bersama-sa­ma mencari solusi internasional pe­rihal pajak digital yang diberlakukan atas beberapa perusahaan raksasa di­gital dunia.

Le Maire yakin selama pertemuan itu G-7 bisa menemukan solusi inter­na­sional yang memuaskan semua pi­hak. Pada awal bulan ini, Prancis me­nyulut ketegangan dengan AS karena me­njadi negara pertama yang mem­ber­lakukan pajak atas beberapa peru­sahaan raksasa digital, seperti Google, Apple, Facebook dan Amazon.

Dia mengatakan sebuah kese­pa­katan bersama akan membuka jalan ter­­capainya perjanjian internasional di bawah naungan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pengem­ba­ngan (OECD).

Le Maire yang akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri keuangan G-7 di kota Chantilly di luar Paris pada Rabu dan Kamis pekan ini, akan bertemu dengan Steven Mnuchin saat pembukaan pertemuan di hari pertama dan mengaku cemas tentang pe­nyelidikan 301 atas perintah Pre­siden AS Donald Trump yang bisa me­micu tarif balasan.

Menteri keuangan Prancis itu me­ngatakan ini pertama kalinya dalam se­jarah panjang hubungan bilateral ke­dua negara, Pemerintah AS memu­tus­kan memulai prosedur investigasi ter­hadap Prancis.

Dia menegaskan Prancis adalah ne­gara berdaulat dan akan tetap seperti itu. (AFP/asri)

()

Baca Juga

Rekomendasi