Lagarde Resmi Ajukan Pengunduran Diri

lagarde-resmi-ajukan-pengunduran-diri

Washington, (Analisa). Dewan Eksekutif Dana Moneter In­ternasional (IMF) mengatakan pada Se­lasa (16/7) bahwa mereka akan segera me­mulai proses pemilihan direktur pe­laksana be­rikutnya, setelah Christine Lagarde me­ngumumkan bahwa ia secara resmi me­nga­jukan pengunduran dirinya dari posisi IMF efektif mulai 12 September 2019.

Dua minggu lalu, Lagarde dinomina­si­kan sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB), sebagai bagian dari perjanjian para pemimpin Uni Eropa (EU) tentang ke­pemimpinan masa depan lembaga-lemb­a­ga top Uni Eropa. Dia kemudian memu­tus­kan untuk mundur sementara dari ke­pe­mimpinan IMF selama periode pencalonan.

“Dengan kejelasan yang lebih besar se­karang mengenai proses pencalonan saya se­bagai Presiden ECB dan waktu yang di­­perlukan, saya telah membuat keputusan ini demi kepentingan IMF, karena akan mem­percepat proses seleksi untuk penerus saya,” kata Lagarde dalam sebuah per­nyataan yang dirilis Selasa (16/7).

“Hari ini Dewan Eksekutif IMF mene­rima pengunduran diri Direktur Pelaksana Christine Lagarde dari IMF yang berlaku mulai 12 September 2019,” kata Dewan Eksekutif dalam sebuah pernyataan. “Kami ingin menyampaikan penghargaan terbesar kami untuk semua yang telah dilakukan Direktur Pelaksana Lagarde untuk institusi. Warisan prestasinya telah membuat jejak abadi pada IMF.”

“Di bawah arahannya, IMF berhasil mem­bantu anggotanya menavigasi serang­kaian tantangan yang kompleks dan belum per­nah terjadi sebelumnya, termasuk dam­pak dari krisis keuangan global dan gem­pa susulannya,” pernyataan itu melan­jutkan.

“Dengan keputusan ini oleh Direktur Pelaksana Lagarde, Dewan Eksekutif IMF akan segera memulai proses pemilihan Direktur Pelaksana berikutnya dan akan berkomunikasi secara tepat waktu,” kata Dewan Eksekutif.

Posisi kepala IMF selalu dipegang oleh orang Eropa sementara kepala Bank Dunia secara tradisional adalah orang Amerika, suatu pengaturan informal yang telah ber­tahan selama lebih dari tujuh dekade.

Wakil Direktur Pelaksana pertama IMF, David Lipton, telah bertindak sebagai direktur pelaksana pemberi pinjaman multilateral setelah pencalonan Lagarde. Dewan Eksekutif mengatakan pihaknya memiliki “kepercayaan penuh” pada Lip­ton, yang tetap bertindak sebagai direk­tur pelaksana pada periode sementara.

“Saya tahu bahwa IMF berada di tangan terbaik di bawah pengawasannya sampai se­orang penerus terpilih,” tulis Lagarde da­lam surat pengunduran dirinya. “Saya akan menawarkan bantuan kepada Pejabat Di­rektur Pelaksana yang dia minta untuk ke­perluan transisi yang tepat.”

Lagarde, warga negara Prancis berusia 63 tahun, akan menjadi wanita pertama yang memimpin ECB. Dia akan meng­gan­tikan Mario Draghi, yang masa jabatan dela­pan tahun-nya akan berakhir pada 31 Oktober.

“Saya menantikan prospek untuk kem­bali ke Eropa, di mana saya akan men­de­dikasikan diri saya untuk misi baru saya di Bank Sentral Eropa, yang, tidak berbeda de­ngan IMF, sangat menghargai keung­gulan intelektual, integritas penelitian dan analisis, kemandirian, dan komitmen yang tinggi untuk pelayanan publik,” kata Lagarde. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi