Keluarga Soeharto Serahkan Dokumen Penting ke Negara

keluarga-soeharto-serahkan-dokumen-penting-ke-negara

Jakarta, (Analisa). Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima tambahan khazanah arsip statis tentang Presiden Soeharto yang dise­rahkan pihak keluarga Presiden Soeharto. Arsip tersebut diserahkan oleh Siti Hardi­yanti Rukmana yang akrab disapa Mbak Tutut kepada Plt. Kepala ANRI, Sumrah­yadi di Ruang Serbaguna Noerhadi Maget­sari, gedung C, lantai 2 ANRI, Kamis (18/7).

Khazanah arsip yang diserahkan terdiri dari 19 roll microfilm yang berisi pidato Presiden Soeharto berikut dengan daftarnya, 10 roll microfilm pidato Ibu Tien Soeharto beserta daftar dan naskah pidatonya, 10 roll microfilm kumpulan risalah sidang kabinet periode tahun 1967 – 1998 dan proklamasi integrasi Balibo (yang mmendeskripsikan tekad rakyat Timor Timur untuk bersatu dengan Indonesia) tahun 1976 beserta daf­tarnya, satu album foto yang terdiri dari 91 lembar foto yang merekam kegiatan Presi­den Soeharto berikut compact disc-nya. Selain menyerahkan arsip ke ANRI, pihak keluarga pun meminjamkan satu unit alat baca microfilm yaitu microreader kepada ANRI.

Sumrahyadi menyampaikan bahwa kha­zanah arsip yang diserahkan pihak keluarga Presiden Soeharto dapat menjadi bagian dari arsip kepresidenan. Di mana ANRI dalam beberapa tahun terakhir sedang gencar melak­sanakan program penyelamat­an arsip ke­presidenan.

"ANRI mengucapkan terima kasih atas penyerahan arsip ini. Semoga arsip tersebut bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Sumrahyadi.

Arsip kepresidenan nantinya dapat men­jadi sarana pembelajaran bagi masya­rakat untuk mengenal dan mengetahui sosok dan kebijakan para Presiden Indonesia dari masa ke masa.

Pada kesempatan yang sama,Siti Hardi­yanti Rukmana yang akrab disapa Mbak Tutut mewakili keluarga Soeharto menyam­paikan bangsa yang mengelola jejak langkah peninggalan peradabannya cenderung men­jadi bangsa besar, serta unggul diban­ding­kan bangsa lain.

"Sejumlah dokumen Bapak (Presiden Soe­harto), yang telah kami serahkan ke negara setidaknya dapat menjadi bagian penting dari sejarah. Mudah-mudahan do­ku­men itu bisa menjadi salah satu acuan ma­syarakat dalam menghadapi realitas sosial budaya yang kom­pleks seperti saat ini,"terang mantan Menteri Sosial RI pada Kabinet Pembangun­an VII ini.

Mbak Tutut juga turut mengajak masya­rakat, khususnya generasi muda untuk tidak alfa sejarah bangsanya dan dapat mengambil unsur positif dari masa lalu. Merajut kembali identitas kebangsaan yang luhur dengan basis kebangsaan multikultur.

"Setiap bangsa harus menyadari jati dirinya. Mengenal dan tahu sejarah bang­sanya. Dengan sadar sejarah sebuah bangsa dapat menentukan dengan pasti dan yakin, ke mana bangsa tersebut menentukan titik tujuan perjuangan ke depan," ujar yang dite­mani adiknya, Bambang Trihatmodjo.

Penyerahan arsip statis oleh pihak keluarga Presiden Soeharto juga merupakan bagian dari pelaksanaan amanat Pasal 88 ayat (6) Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Arsip tersebut diselamatkan dan dilestarikan oleh ANRI dan nantinya menjadi identitas dan jati diri, serta memori kolektif bangsa. Arsip ini pun menjadi aset nasional yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerin­tahan, pembangunan, penelitian, pembela­jaran dan pengem­bang­an ilmu pengetahuan sesuai dengan pera­turan perundang-undang­an yang berlaku. (rm)

()

Baca Juga

Rekomendasi