Daging Ayam Potong Masih Mahal

daging-ayam-potong-masih-mahal

Medan, (Analisa). Harga daging ayam potong masih bertahan mahal di sejumlah pasar tra­disional di Kota Medan. Komoditas ini dipasarkan dikisaran harga Rp35.000/kg hingga Rp38.000/kg.

Berdasarkan informasi harga rata-rata bahan pokok di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut yang diperoleh dari enam pasar tradi­sional masing-masing, Palapa, Pusat Pasar, Sei Kambing, Petisah, Simpang Limun dan Suka Ramai, komoditas rata-rata penjualan daging ayam potong ini berada diharga Rp37.000/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perda­gangan (Disperindag) Sumut, Zonny Waldi melalui Plt Kepala Bi­dang Perda­gangan Dalam Negeri Dis­perindag Sumut, Azrai Ridho Hana­fiah, Kamis (18/7) mengamini harga daging ayam potong tersebut masih bertahan mahal. "Harga daging ayam boiler hari ini mulai Rp 35.000/kg sampai Rp 38.000/kg," ujarnya.

Masih berdasarkan data Disperindag Sumut, pada pekan pertama Juli, daging ayam potong ini dipasar dengan harga rata-rata Rp31.428/kg, kemudian pada pekan kedua Rp34.000/kg. Harga tersebut mengalami kenaikan diban­dingkan pada bulan Juni yang dipasar diharga Rp31.566/kg

Kenaikan harga daging ayam ini sebut Azrai sebagaimana informasi dan pengakuan dari para pedagang ayam disebabkan pada saat Lebaran sempat dua pekan tidak ada yang melakukan pembibitan. Sehingga mempengaruhi ketersediaan pasokan.

Sebagaimana diketahui untuk masa  panen ayam potong ini membutuhkan waktu 21 hari hingga 30 hari. Sehingga keterbatasan pasokan tersebut, mem­buat pedagang hanya memasarkan pa­sokan lama yang ada. (ldi)

()

Baca Juga

Rekomendasi