YSKI Ikut Partisipasi Baksos HLUN

yski-ikut-partisipasi-baksos-hlun
Medan, (Analisa). Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) ikut berpartisipasi dalam bakti sosial (baksos) peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Nasional 2019 di Bandung. Puncak HLUN ini diikuti sekira 5000 lanjut usia (lansia) yang dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, pada 10 Juli 2019. 

Koordinator Kemanusiaan YSKI drg Annita didampingi Indra Hutauruk kepada wartawan, Kamis (18/7) di Medan mengatakan, YSKI pada puncak kegiatan itu membagikan kaca mata baca, alat bantu dengar dan tongkat lansia. "Acara ini juga dihadiri Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan pejabat daerah lainnya," katanya.

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, lansia bukan halangan untuk tetap berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Pemerintah juga akan mendorong agar aturan batas usia lansia 60 tahun diubah menjadi 65 tahun. 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa Indonesia telah memasuki era dengan penduduk berstruktur tua. Era tersebut dimulai pada tahun 2000 dengan proporsi lansia mencapai 7,18%, sedangkan suatu negara yang dikategorikan negara bertsruktur tua apabila proporsi lansia mencapai 7% ke atas.

Pertumbuhan jumlah lansia dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2005 terdapat 8,5% penduduk lansia, pada 2010 ada 9,77% penduduk lansia dan di akhir 2018 jumlah penduduk lansia mencapai 24,4 juta jiwa atau 9,27% dari total populasi Indonesia. Pada 2020 jumlah lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai 11,3%.

Tentu hal ini sudah seharusnya pemerintah baik pusat maupun daerah bekerja sama dengan lembaga non-pemerintah untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada lansia, katanya. (rel/sug)

()

Baca Juga

Rekomendasi