3.396 Peserta Ikuti UMPN Medan

3-396-peserta-ikuti-umpn-medan
Medan, (Analisa). Berkisar 3.396 peserta mengikuti Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) Medan untuk Tahun Akademik 2019/2020 melalui ujian tulis jalur mandiri di Politeknik Negeri Medan (Polmed),  Kamis (18/7).

Dari 3.396 peserta ini terbagi dalam 1.887 peserta dari kelompok Ujian IPA, dan 1.509 peserta kelompok Ujian IPS.

Pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Untuk kelompok ujian IPA dengan materi ujian Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, sedangkan kelompok IPS mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB dengan materi ujian Matematika, Ekonomi, Akuntansi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Ketua Panitia UMPN Nursiah SE MSi yang juga Wakil Direktur I kepada Analisa ketika ditemui di sela-sela ujian, menyebutkan, UMPN jalur mandiri tahun ini merupakan pertama kali dilaksanakan Polmed.

Ia mengatakan pada tahun sebelumnya, UMPN diadakan dua gelombang yaitu gelombang I untuk UMPN secara nasional dan gelombang II yang diadakan sendiri Polmed dengan menerima mahasiswa reguler dan mahasiswa kelas khusus.

Mahasiswa yang diterima pada UMPN jalur Mandiri akan dikenakan biaya kuliah sebesar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi di setiap program studi yang dipilihnya dan juga akan membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp5.000.000, yang dibayar sekali di awal masuk.

Peserta ujian jalur mandiri ini akan memperebutkan 30% dari total penerimaan mahasiswa baru Polmed 2019.

Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UMPN kali ini Polmed menugaskan dosen dan tenaga pendidik, baik yang berstatus ASN dan honorer di lingkungan Polmed untuk menjadi pengawas ujian dan panitia Iainnya.

Ia mengharapkan agar para pengawas untuk mengikuti aturan pelaksanaan ujian yang sudah ada guna menekan kemungkinan adanya kecurangan dan haI-hal lain yang mengganggu pelaksanaan ujian serta yang merugikan para peserta ujian.

Secara umum

Lebih lanjut ia mengungkapkan secara umum pelaksanaan UMPN Jalur Mandiri berjalan dengan aman dan lancar.

Sebelumnya pada saat coaching pelaksanaan UMPN Jalur Mandiri, Direktur Polmed M Syahruddin ST MT menekankan kepada para pengawas ujian untuk melayani peserta ujian sebaik-baiknya dan membuat suasana di ruang ujian setenang mungkin agar para peserta ujian dapat mengerjakan soal ujian dengan tenang dan baik.

Pada kesempatan itu Direktur Polmed M Syahruddin ST MT bersama Nursiah SE MSi (Wadir I), Abdul Rahman SE Ak MSi (Wadir II), Nisfan Bahri Lubis ST MT (Wadir III) dan Ir Berta Br Ginting MT (Wadir IV) langsung meninjau pelaksanaan UMPN tersebut.

Para pimpinan Polmed juga berdialog dengan sejumlah pengawas dan peserta terkait kondisi yang dihadapi saat pelaksanaan UMPN.

Hasil ujian UMPN Jalur mandiri ini akan diumumkan pada 24 Juli 2019. Pengumuman hasil ujian tersebut dapat dilihat di media massa yang ditunjuk Polmed dan juga dapat dilihat pada website Polmed http://www.polmed.ac.id serta juga di papan pengumuman yang ada di Politeknik Negeri Medan, Jalan Almamater Nomor 1 Kampus USU Medan. (aru)

()

Baca Juga

Rekomendasi