Ewan Juara Etape 11 TdF

Alaphilippe Pertahankan Jersey Kuning

alaphilippe-pertahankan-jersey-kuning

Toulouse, (Analisa). Pembalap Australia Caleb Ewan beradu sprint dengan Dylan Groene­wegen dan suk­ses mendahului pem­balap Be­landa itu untuk jadi yang perta­ma mencapai garis finis dan meme­nangkan Etape 11 Tour de France (TdF) 2019, yang menem­puh jarak 167 km dari Albi ke Toulouse, Prancis, Kamis (18/7) WIB.

Pebalap Prancis Julian Ala­philippe mempertahankan kla­semen keselu­ruhan jersey ku­ning setelah finis dalam po­sisi aman. Tak ada perubahan ber­arti dalam klasemen keselu­ruhan kecuali pembalap yang pernah dua kali menjadi runner-up Nairo Quintana meng­alami masalah pada 30 kilometer dari garis finis.

Ewan dari tim Lotto Soudal menda­hului Groenewegen da­lam adu sprint dengan selisih jarak hanya beberepa centimeter, sedangkan pembalap Italia Elia Viviani finis urutan ketiga.

Turun pertama kali pada Tour de France, Ewan menyan­dingkan keme­na­­ngan pada etape ini dengan sukses dia di Vuelta a Espana dan tiga kali di Giro d’Italia.

“Saya tak menyangka. Saya sudah begitu dekat pada empat sprint terakhir yang saya laku­kan. Tetapi tim saya tidak hi­lang kepercayaan kepada saya dan saya juga tidak pernah hi­lang kepercayaan kepada tim saya,” kata Ewan (25) kepada war­tawan seperti dikutip Reu­ters.

“Beruntung saya memiliki kedua kaki untuk menuntaskan etape ini. Ini impian masa kecil yang terwujud. Tak ada bala­pan selain ini yang saya ingin juarai sejak kecil. Tour de France hal yang jauh sekali dari Australia, hal yang kami lihat di TV...ke­menangan ini fan­tastis,” ujarnya menambah­kan.

Sprint terakhir ini sendiri berlangsung kacau di mana pon­sel penonton menimpa helm Niccolo Bonifazio pada 100 meter terakhir sehingga menghancurkan peluang pem­balap Italia itu.

Pembalap Belanda Niki Ter­pstra tak bisa meneruskan membalap, sedangkan mantan pemimpin klasemen Giulio Ciccone yang juga kecelakaan, terlempar dari 10 besar kualifi­kasi umum. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi