Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034

AFF Gandeng Sekretariat ASEAN

aff-gandeng-sekretariat-asean
Kuala Lumpur, (Analisa). Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) terus berupa­ya menggolkan ren­ca­na menja­di tuan rumah Piala Dunia 20­34. Demi ambisi tersebut, Ko­mite Piala Dunia AFF meng­gandeng Sekretariat Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASE­AN) serta mitra lainnya dalam waktu dekat untuk proses bidding.

Presiden AFF, Mayor Jen­deral Khiev Sameth mengata­kan, Komite Piala Dunia AFF sedang berupaya menjalin ker­jasama dengan Sekretariat ASE­AN guna menjalankan me­­kanisme bidding tuan ru­mah ber­sa­ma Piala Dunia

20­34. Ia yakin Piala Dunia 2034 akan ber­dam­pak secara eko­nomi buat negara-negara ASE­AN. “Menggelar Piala Dunia di AS­EAN, yang secara kolektif adalah kawasan dengan eko­nomi terbesar ketiga di Asia, dan nomor tujuh di dunia, akan mendatangkan banyak manfaat ekonomis dan olahraga bagi kawasan. Terlebih lagi, akan menguatkan ikatan antara 640 juta penduduknya,” kata Khiev Sa­meth, mengutip dari laman Ase­an Football, Kamis (18/7).

Ia menambahkan, AFF me­nyambut baik pernyataan Se­kre­tariat ASEAN me­lalui Per­dana Menteri Thailand Pra­yuth Chan-o-cha, bahwa 10 ne­gara anggota sepakat meluncurkan bidding. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama erat antara AFF de­ngan Sekretariat ASEAN.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku senang karena ide tersebut di­sambut baik pada level peme­rin­tahan. Persetujuan dari pe­me­rintah negara-negara ang­go­ta ASEAN berperan sa­ngat penting dalam upaya meme­nangkan ASEAN sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

“Kami sangat senang kare­na ide ini sudah sampai ke le­vel pemerintahan. Sekarang, kita punya kesempatan untuk meneruskan ide ini dengan AFF peran utama menyuk­ses­kan bidding tersebut,” tutur Ratu Tisha. (oz)

()

Baca Juga

Rekomendasi