Pelatihan Vocational Bagi Daerah Perbatasan

pelatihan-vocational-bagi-daerah-perbatasan

Pantai Cermin, (Analisa). Pelatihan Vocational atau pendidikan kejujuran  diper­lukan untuk mendukung peng­embangan ekonomi masya­rakat, karena saat ini peme­rin­tah fokus dalam memba­ngun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah- daerah dan desa sesuai dengan nawacita dan intruksi presiden RI terkait pengembangan SDM.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya saat membuka Pelatihan Vocational Daerah Perbatasan 2019, yang diikuti 60 peserta berasal dari Keca­matan Tanjung Beringin di  Theme Park Resort Kecama­tan Pantai Cermin, Kamis (18/7).

Dikatakan Wabup, pela­tihan di daerah perbatasan khususnya bagi masyarakat Ke­camatan Tanjung Beringin difokuskan pada pelatihan ke­rajinan membatik (batik tulis dan batik cap) dan pembuatan tas berbahan baku lidi.

Hal ini didasari kerena ber­limpahnya bahan baku pewar­na alami untuk bahan pe­warna batik, yang berasal dari pohon mangrove dan mengkudu ba­nyak terdapat di se­panjang pe­sisir pantai dan dataran di wilayah Sergai, katanya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Wabup berharap dapat dikembangkan sebagai salah satu potensi pengem­bangan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan terus melalukan diservikasi produk yang bersumber dari bahan baku yang ada di wilayah Tan­jung Beringin.

Dengan kegiatan ini dapat diimple­men­tasikan dan men­jadi inspirasi untuk mening­katkan usaha menjadi lebih krearif dan inovatif, harap­nya.

Mewakili Deputi Bidang Pengembangan SDM, Ginda P Siregar mengutarakan, da­erah perbatasan sebagai beran­da terdepan ekonomi bangsa dan salah satu langkah untuk mengembangkan preko­no­mian bangsa, dengan memba­ngun SDM yang baik.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap generasi muda yang berjiwa kreatif akan Se­belumnya terus bermunculan agar dapat mengembangkan potensi daerahnya,“ kata Gin­da. (bah)

()

Baca Juga

Rekomendasi