Diplomat Tewas Ditembak

Militer Turki Bombardir Separatis Kurdi Irak

militer-turki-bombardir-separatis-kurdi-irak

Ankara, (Analisa). Militer Turki melancarkan se­rangan udara terhadap kelompok sepa­ratis Kurdi di Irak. Bombardir ini sebagai balasan atas pembunuhan seorang diplomat Turki di wilayah otonomi Kurdi di Irak.

Diplomat Turki tersebut di­tem­bak mati oleh pria-pria ber­senjata di sebuah restoran mewah di kota Arbil, ibu kota wilayah otonomi Kurdi di Irak. Dia menjabat sebagai wakil konsuler untuk wilayah otonomi Kurdi.

Dua orang lainnya juga tewas ditembak dalam peristiwa itu.

Tak ada pihak yang meng­klaim bertanggung jawab atas penembakan tersebut.

Namun para pengamat Irak me­nyebutkan kemungkinan kelom­pok separatis Turki, Kurdistan Wor­kers' Party (PKK), mendalangi pe­nem­bakan tersebut. Kelompok tersebut telah dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Turki.

"Menyusul serangan jahat di Ar­bil, kami telah melancarkan operasi udara paling kompre­hensif di Qandil dan memberikan pukulan berat bagi organisasi teror PKK," kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, Jumat (19/7).

Akar mengatakan bahwa tar­get-target seperti "posisi persen­jataan, pondokan, penampungan dan gua-gua milik teroris" telah hancur akibat serangan udara ter­sebut.

"Perang kami melawan teror akan terus berlanjut dengan tekad yang makin kuat hingga teroris terakhir dilumpuhkan dan darah para martir kami terbalaskan," tandar Akar. (Ant/AFP)

()

Baca Juga

Rekomendasi