Pasokan Minim, Harga Ikan Basah Naik

pasokan-minim-harga-ikan-basah-naik
Medan, (Analisa). Harga ikan basah di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Medan mengalami kenaikan dengan besaran yang bervariasi. Ini sebagai imbas dari pasokan yang terbatas.

Uci, pedagang ikan basah di Pasar Tradisional Simpang Limun Medan, Minggu (21/7) mengatakan saat ini pilihan ikan yang akan dijualnya, tidak banyak. Karena banyak nelayan yang tidak melaut. “Kosong barang. Tengoklah banyak tukang ikan cepat tutup gak ada barang dari Bela­wan ataupun Percut. Harga pun mahal,” ujarnya.

Dikatakan Uci, harga ikan dencis sebelum Rp30.000/kg mengalami kenaikan menjadi Rp35.000/kg. Kemudian ikan tongkol biasanya Rp20.000/kg jadi Rp25.000/kg. Cumi-cumi biasa Rp50.000/kg jadi Rp56.000/kg. Udang juga naik menjadi Rp80.000/kg biasa Rp75.000/kg.

“Cuaca lagi kurang bagus, itulah alasan nelayan. Hari ini aja saya cuma dapat 90 kg cumi-cumi. Biasanya 200 kg atau dua kotak sedang. Kalau ikan-ikan basah dikit kalilah sekitar 80 kg aja,” sebutnya.

Fajar pedagang ikan basah di Pasar Lima Padang Bulan, juga mengamini kosongnya pasokan ikan tersebut. "Sejak kemarin memang pedagang penjual ikan tidak banyak yang buka. Stok ikan juga tidak banyak. Jadi warga beralih ke ikan air tawar," ujarnya.

Dia menambahkan, pilihan ikan air tawar seperti ikan nila yang paling banyak dibeli warga. "Kalau ikan laut hanya beberapa aja pedagang yang membawa ikan laut seperti ikan dencis, tongkol, palingan udang, cumi-cumi lah. Ikan kembung aja gak ada,”ujarnya.

Selain harga ikan laut segar, harga daging ayam potong juga masih bertahan mahal, dikisaran Rp35.000/kg sampai Rp38.000/kg. (ldi)

()

Baca Juga

Rekomendasi