Harga Cabai Merah Mulai Bergerak Turun

harga-cabai-merah-mulai-bergerak-turun
Medan, (Analisa). Lama bertengger di kisaran harga Rp70.000 hingga Rp75.000, bahkan sempat menyentuh harga Rp80.000, awal pekan ini komoditas cabai merah mulai bergerak turun.

Penurunan ini pengakuan sejumlah peda­gang bukan dipengaruhi banjirnya pasokan. Namun lebih disebabkan sepinya pembeli, sehingga bumbu dapur ini terpaksa dijual lebih murah.

"Kita jual Rp60.000 sampai Rp65.000/Kg. Minggu lalu masih itu masih Rp70.000 sampai Rp80.000/Kg. Ini baru turun dua hari terakhir," ujar Saima, pedagang di Pasar Tra­disional Kampung Durian, Selasa (23/7).

Menurutnya, bergerak turunnya harga ca­bai merah ini disebabkan pembeli yang sepi. Sehingga pedagang  berusaha untuk mengha­biskan barang dagangannya dengan harga lebih murah. "Pem­belinya sunyi, tapi barang banyak," ujarnya.  Hal senada diungkap So­bar, pedang sayu­ran di kawa­san Pusat pasar tradisional Medan. Dia mengaku saat ini harga cabai merah sudsh bergerak turun, dan saat ini dipasarkan dikisaran harga Rp60.000 hingga 62.000/Kg. "Sepi, mungkin karena baru masuk anak sekolah. Jadi yang diuta­makan kebutuhan anak sekolah," ujarnya.

Sedangkan cabai rawit justru bertahan mahal dikisaran harga Rp60.000/Kg. Namun berbeda dengan  komoditas lainnya, seperti bawang merah dan tomat, harganya relatif bertahan stabil di kisaran harga Rp28.000 hingga Rp32.000 dan Rp10.000/Kg. Serta cabai hijau diharga Rp40.000 /Kg.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Zonny Waldi melalui Plt Kepala Bidang Per­dagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut, Azrai Ridho Hanafiah, memprediksi jika harga komoditas cabai merah ini akan segera bergerak turun, seiring dengan masuk­nya masa panen raya cabai merah di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batubara. (ldi)

()

Baca Juga

Rekomendasi