Kepling Harus jadi Ujung Tombak Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

kepling-harus-jadi-ujung-tombak-menjaga-kerukunan-antar-umat-beragama

Analisadaily (Medan) - Wali Kota Medan,  Dzulmi Eldin, mengapresiasi digelarnya Silaturahim dan Pertemuan Kerukunan dengan Para Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kota Medan di Griya Hotel. Melalui kegiatan ini, Kepling diharapkan dapat menjadi ujung tombak menjaga kerukunan antar umat beragama.

Acara yang diinisiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan dihadiri 180 orang Kepling perwakilan dari 21 kecamatan di Kota Medan. Dalam acara tersebut para Kepling diberi pengarahan oleh sejumlah narasumber dari perwakilan Polrestabes Medan dan FKUB Kota Medan.

Wali Kota diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan, Musaddad mengingatkan kepada para Kepling agar tetap mengawasi lingkungannya masing-masing. Di samping itu juga harus mampu menjaga kerukunan di tengah kemajemukan masyarakat Kota Medan.

Dengan demikian ungkap Musaddad, dapat membawa masyarakat di lingkungannya masing-masing menuju suatu perubahan menjadi masyarakat yang religius dan menempatkan nilai-nilai agama sebagai basis perubahan menuju kehidupan yang lebih harmonis, aman, tentram, sejahtera lahir dan batin.

Musaddad tak lupa mengingatkan kepada para Kepling agar mengaktifkan kembali siskamling di wilayah, sehingga dapat mewujudkan Kota Medan yang aman dan kondusif. Serta senantiasa membangun dan memelihara toleransi antara umat beragama di lingkungannya.

“Keberagaman tidaklah menjadi penghalang bagi kita untuk maju tetapi menjadi motivasi yang luar biasa, sehingga Kota Medan Menjadi Kota aman, damai dan tentram. Melalui kegiatan ini, kita harapkan para Kepling harus mampu menjaga kerukunan umat beragama di lingkungannya masing-masing,” pesannya, Kamis (25/7).

Musaddad berharap agar seluruh Kepling yang hadir dapat mengikuti rangkaian acara dengan baik dan bersungguh-sungguh, sebab kegiatan ini  merupakan bagian dari usaha dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan umat beragama di Kota Medan, tanpa memandang perbedaan. Kemudian terus bersinergi dengan FKUB sehingga Kota Medan selalu aman dan kondusif meski warganya multikultural.

Ketua FKUB Kota Medan, Ilyas Halim menyebut, Kepling adalah ujung tombak bagi lingkungannya masing-masing. Dikatakannya, Kepling harus menjadi The king of power agar bisa berdiskusi dengan warganya, sekaligus memecahkan konflik yang terjadi di lingkungannya.

“Kepling sebagai The King Of Power harus mampu mengetahui apa yang menjadi penyebab konflik di lingkungannya masing-masing, serta berupaya untuk menyelesaikannya, sehingga persoalan itu tidak sampai meluas,” ungkap Ilyas.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi