CAS Diharap Mampu Tekan Angka Inflasi

cas-diharap-mampu-tekan-angka-inflasi
Medan, (Analisa). Angka inflasi Kota Medan yang mencapai 0,92 persen terhitung Juli 2019, kontribusi terbesarnya berasal dari cabai. Guna menekan laju inflasi yang dikhawatirkan terus naik, perlu langkah konkret serta sinkronisasi seluruh stakeholder terkait. Dengan demikian, masyarakat tetap dapat menjangkau berbagai kebutuhan pokok sehari-hari serta menghindari kerugian bagi para petani.

Demikian disampaikan Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Wakil Walikota Akhyar Nasution ketika memimpin rapat Pengendalian Harga Komoditi Nasional Berbasis Teknologi yang juga diikuti PT Pura Group sebagai pihak yang akan bekerja sama dengan Pemko Medan dalam menyediakan mesin Controlled Atmoshpere Storage (CAS) di Balai Kota Medan, Selasa (13/8).

Akhyar berharap, kehadiran CAS dapat menjadi salah satu solusi menekan inflasi di Kota Medan. Sebab, CAS berfungsi untuk menyimpan jenis komoditas yang tidak bertahan lama seperti cabai dan bawang. Namun, meski lama dalam mesin tetapi tidak mengurangi mutu dan kualitas barang.

"Semoga CAS benar-benar mampu membantu Pemko Medan menstabilkan serta menekan angka inflasi. Apalagi mesin CAS tersebut tidak membuat mutu dan kualitas bahan pokok yang disimpan menjadi berkurang meski dalam jangka waktu tertentu,” katanya.

Di hadapan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat, serta sejumlah kepala dinas, dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, Akhyar berharap kehadiran CAS juga diharapkan dapat membantu para petani agar tidak merugi.

Sementara, General Manager PT Pura Group Agung Subani menjabarkan, CAS merupakan mesin berteknologi tinggi mampu menyimpan bahan pokok yang rentan rusak maupun busuk seperti cabai dan bawang hingga 3-6 bulan.

Dijelaskan, CAS dipadu teknologi pendingin, pengontrol RH O, CoN serta Ethylene yang dapat menjaga kondisi, mutu dan kualitas bahan pokok.

"Kami berharap mesin CAS dapat membantu Pemko Medan menghadapi dan menyikapi angka inflasi Kota Medan. Apalagi CAS mampu menyimpan bahan pokok selama kurun waktu 3-6 bulan. Semoga CAS bermanfaat bagi kita, khususnya masyarakat dan petani," bilangnya. (hen)

()

Baca Juga

Rekomendasi