Sejumlah Aset Pemkab Aceh Timur Terbengkalai

sejumlah-aset-pemkab-aceh-timur-terbengkalai

Langsa, (Analisa). Sejumlah aset bangunan kantor milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur yang berada di wilayah Kota Langsa, terbengkalai.

Pantauan di lapangan, Senin (19/8), terlihat sejumlah aset milik Pemkab Aceh Timur yang terbengkalai sudah mulai jadi bangunan tua yang angker dan ditumbuhi rumput liar karena tidak terurus.

Bangunan terbengkalai itu sudah mulai hancur, banyak pintu yang telepas dan ter­paksa harus ditutupi seng, agar orang tidak bisa masuk ke dalam bangunan tersebut.

Bahkan, banyak atap bangunan yang sudah tidak ada lagi. Ironisnya, beberapa waktu lalu, petugas Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) Kota Langsa mengamankan pasangan mesum di salah satu bangunan dimaksud.

Bangunan milik Pemkab Aceh Timur ter­bengkalai itu yakni Dinas Pendidikan Aceh Timur di Jalan Ahmad Yani, Gampong (desa) Paya Bujok Seulamak, Keca­matan Langsa Baro; Kantor Badan Pe­ngelolaan Keuangan Daerah (BPKD); Gedung Inspektorat di kawasan Lapangan Merdeka Langsa, Gampong Jawa, Keca­matan Langsa Kota dan Balai Pelatihan Pendidikan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat.

Kabid Aset pada BPKD Kota Langsa, Hendri Wijaya, saat dikonfirmasi Analisa, mengaku masih ada bangunan aset milik Pemkab Aceh Timur yang belum diserah­kan kepada Pemko Langsa."Benar, kita terus melakukan berbagai upaya dan koor­dinasi agar Pemkab Aceh Timur me­nyerah­kan asetnya, sehingga bisa difungsikan sebagaimana mestinya," ujar Hendri.

Diakuinya, ada sebagian aset bangunan milik Pemkab Aceh Timur yang sudah diserahkan kepada Pemko Langsa dan ada juga yang belum, seperti eks Kantor Dinas Pendidikan Aceh Timur, Balai Pelatian Pendidikan, BPKD dan Inspektorat.

"Ya, kita harap kepada Pemkab Aceh Ti­mur, agar dapat menyerahkan aset ba­ngunan tersebut, sehingga bisa digunakan se­bagaimana mestinya. Apalagi, Pemko Langsa juga masih kekurangan aset kantor pascapemekaran pada tahun 2001," harapnya. (dir)

()

Baca Juga

Rekomendasi