30 Anggota DPRD Paluta Dilantik

30-anggota-dprd-paluta-dilantik

Paluta, (Analisa). Sebanyak 30 orang anggota DPRD Ka­bupaten Padang La­was Utara (Paluta), yang terpilih pada Pemilu 2019 lalu untuk pe­riode 2019-2024, resmi dilantik dan diku­kuhkan sebagai Anggota DPRD Ka­bu­­paten Paluta, Senin (19/8).

 Pengambilan sumpah dan pelantikan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Padang­si­dimpuan, Julius Panjaitan SH MH, de­ngan Rohaniawan Aga­ma Islam, Drs Iswar­din MPd, Rohaniawan Agama Kristen Pro­testan Parsaoran Munthe STh di ruang pari­­purna Gedung DPRD Kabu­paten Paluta. Dari 30 anggota DPRD yang dilantik, 17 di antaranya petahana dan 13 nama lainnya merupakan wa­jah baru yang akan men­duduki gedung DPRD lima tahun ke depan.

Pengambilan sumpah dan janji dirangkai dengan penye­matan pin dan penyerahan SK kepada perwakilan anggota DPRD Pa­luta dilakukan Ketua PN Padangsidimpuan Julius Panjaitan SH MH.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan dibacakan Bupati Paluta, Andar Amin Harahap menyampaikan pe­ngucapan sum­pah dan janji anggota DPRD meru­pa­kan amanat dari ketentuan pera­turan perun­dang-undangan, tentang pemerintahan daerah.

“Pemberian otonomi yang seluas luasnya kepada daerah, diarahkan untuk mem­percepat terwujudnya kesejahteraan ma­syarakat melalui pening­katan pela­yanan, pemberda­yaan dan peran serta ma­sya­rakat serta pening­katan daya saing daerah,” ujarnya.

DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diberi mandat rak­yat untuk melaksanakan uru­san pemerintahan.untuk itu DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai mitra sejajar namun mempunyai fungsi yang berbeda. “Pemilihan umum selesai siapapun yang terpilih dipas­tikan mengabdi untuk ke­pen­tingan masyarakat, untuk itu sebagai anggota dewan harus memastikan hal itu, untuk membela dan memperjuang­kan ke­pen­tingan seluruh ma­syarakat melalui ke­wenangan yang diberikan tanpa membe­da-bedakan basis massa mau­pun yang bukan basis massa­nya,” tegasnya.

Bupati Paluta mewakili Pemkab Paluta ju­ga mengu­capkan terima kasih dan me­nyam­paikan penghargaan atas tugas dan pe­ngabdian yang dibebankan kepada ang­gota DPRD Padang lawas utara yang baru dilantik.

“Selamat bagi yang terpilih dan baru di­lantik serta terima kasih kepada anggota DP­RD Paluta periode sebelumnya yang ber­jasa dan memberikan kontribusinya se­lama menja­bat untuk membangun daerah kabupaten Paluta,” ucapnya.

Nama 30 anggota DPRD Padang Lawas Uta­ra itu, Mukhlis Harahap SHi MSi, Amas Muda Siregar SE , Mula Rotua Siregar S.E , Jaharuddin Siregar SE, M Yusuf Pasaribu SPd MM, Hj Dewi Irawan Harahap, Sira­mud­­­din Hara­hap SE, Machmud Pratama Ha­rahap (Golkar). Basri Ha­rahap, Pang­gana Sire­gar SE, Rico Rivai Siregar, Drs Ba­leo Muda Siregar (Demokrat), Orial Badry Harahap SH, Abdul Gafur Siman­juntak ST, H To­guan Harahap, H Pati Kan Kan Harahap SE (Gerin­dra).

Syafaruddin Harahap, Hj Nur Baiti Ha­rahap, Sarluman Siregar SH dan Nimrod Si­to­rus SH (PDIP), Samsul Bahri SAg, Sam­sudin Harahap dan Tariparlaut Hara­hap (PKB), Mariasin Pane SP (PKB), Her­­mansyah Lubis, M Amin Siregar SH (PAN), H Abdul Rahman Siregar, H Hajud­din Ritonga SHi (PPP) dan Safna­wati Nasution SE (Nasdem). (ong)

()

Baca Juga

Rekomendasi