Kopling Deklarasi Bebas Sampah dan Limbah

kopling-deklarasi-bebas-sampah-dan-limbah

Tanjungbalai, (Analisa). Komunitas Pecinta Lingkungan (Kop­ling) Tanjungbalai-Asahan mendek­lara­si­kan bebas sampah dan limbah di Jalan Jem­de­ral Su­dirman, Bundaran PLN, Jumat (16/8). Ketua Kopling Tanjungbalai-Asahan, Al­ri­vai Zuherisa didampingi Sek­retaris, Mu­ham­mad Rahul Maulana dan Ben­da­hara, Zul­fiandi S Sitorus dalam ora­sinya me­­nya­takan sampah adalah masalah yang sangat kronis untuk dunia dan ba­nyaknya lim­bah yang menjadikan ekosis­tem pada sik­lus lingkungan menjadi ter­cemar dan rusak.

Alrivai yang akrab disapa Aldo itu me­nam­bahkan hal ini membuat kawasan yang ada di sekitar menjadi tidak stabil bahkan berdampak bahaya di kehidupan setiap insan manusia kedepan harinya. "Saat ini di Kota Tanjungbalai yang sangat kita banggakan ini, sudah mengalami berbagai dampak yang serius dalam kehidupan sehari-hari karena sampah dan limbah", ujarnya.

Salah satu dampak yang serius dialami Kota Tanjungbalai yakni hujan turun dengan deras selama berjam-jam maka Jalan Raya di Kota Tanjungbalai akan teng­gelam, berkurangnya jumlah ikan yang ada di sungai akibat limbah dan berbagai macam dampak lainnya. Berdasarkan fenomena tersebut, Kop­ling Tanjungbalai-Asahan melaksanakan Deklarasi Bebas Sampah dan Limbah sebagai bentuk komitmen untuk mengajak seluruh elemen masyarakat dalam mening­katkan sikap peduli terhadap lingkungan dan melakukan upaya-upaya perlindungan lingkungan demi kepentingan bersama, jelasnya.

Dengan semangat kemerdekaan, Kop­ling mengajak seluruh elemen masyarakat agar bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan sekitar demi mewujudkan lingkungan yang besih, sehat dan humanis demi kenyamanan bersama dalam menuju Tanjungbalai hijau. "Mari kita satukan langkah menuju Tanjungbalai hijau yang ekosistem alamnya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya. Satukan langkah terhadap lingkungan, dari kita untuk dunia", cetusnya.

Selain menyampaikan pernyataan sikap, Kopling Tanjungbalai juga memberikan ratusan bibit tanaman kepada masyarakat yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran PLN dengn tujuan agar ditanam di halaman rumah masing-masing agar terciptanya Tanjungbalai Hijau. (rm)

()

Baca Juga

Rekomendasi