Piala AFF U-18

Indonesia Peringkat Ketiga

indonesia-peringkat-ketiga

Ho Chi Minh, (Analisa). Indonesia menduduki peringkat ketiga Piala AFF U-18 2019 setelah meng­hajar Myanmar 5-0 di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Senin (19/8). Indonesia tampil perkasa di babak pertama. Lima gol dilesakkan tim besutan Fakhri Husaini ke gawang Myanmar.

Namun, pesta gol Indonesia baru terjadi di menit ke-36. Dari sisi kiri, crossing menda­rat di kaki Muhammad Fajar Fathur Rachman. Fajar kemu­dian mengopernya lagi ke Be­ckham Putra, dan dengan sekali gocek, gelandang muda Persib Ban­dung itu melepaskan se­pakan kaki kiri yang berujung gol.

Di menit ke-38, Supriadi memper­besar keunggulan Indonesia. Memanfaat­kan sodo­ran Sutan Zico, Supriadi meng­ecoh satu pemain Myan­mar se­belum melepaskan tendang­an kaki kanan yang mengirim bola masuk ke gawang.  Tekanan Indonesia belum mereda. Di menit ke-39, Su­priadi kembali menceploskan bola ke gawang Myanmar, me­manfaatkan umpan Bagas Kaf­fa dari sisi kanan.

Jelang turun minum, Indonesia menambah dua gol lagi lewat Beckham di menit ke-45 dan Supriadi yang mencatat hat-trick di injury time. Garuda Nusantara pun menutup paruh pertama de­ngan keunggulan 5-0. Di babak kedua, Indonesia masih mendominasi atas My­anmar. Tim merah putih bah­kan nyaris menambah golnya di awal-awal selepas istirahat. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, peluang Sutan Zico, David Maulana, dan Be­ckham berturut-turut gagal karena diblok dan mmembent­ur mistar.

Myanmar sendiri cukup kesulitan. Berkali-kali anak asuh Soe Myat Min hanya bisa melepaskan tembakan speku­lasi dari luar kotak penalti. Di menit ke-59, Indonesia kembali mendapatkan pelu­ang. David Maulana melepaskan tendangan dari luar kotak pe­nal­ti, namun bolanya melen­ceng tipis ke sisi kanan gawang Myanmar.

Hingga menit ke-66, Indonesia terpantau punya 12 shot on target ke gawang Myanmar. Sebaliknya, hanya 5 tendangan tepat ke gawang dilepaskan Myanmar.

Memasuki menit ke-80, Indonesia masih berusaha men­cari gol lagi ke gawang Myan­mar. Namun, tak ada gol tam­ba­han diciptakan Indonesia. Hingga laga tuntas, kemenang­an 5-0 tetap berta­han dan Indonesia merebut tempat ketiga di Piala AFF U-18 2019. (dtc)

()

Baca Juga

Rekomendasi