Peringati Hari Harimau dan Orangutan se-Dunia

8 Lembaga Gelar Berbagai Lomba

8-lembaga-gelar-berbagai-lomba

Sipirok, (Analisa). Sebanyak delapan lem­baga dan institusi menggelar lomba tingkat pelajar di tiga kecamatan wilayah opera­sional PLTA Batangtoru ma­sing-masing Sipirok, Maran­car dan Batangtoru.

“Lomba yang diadakan di ti­ga kecamatan itu, digelar dalam memperingati hari ha­rimau dan orangutan se-dunia (global tiger day dan global orangutan day) yang jatuh pada 29 Juli dan 19 Agustus,” ujar Ketua Pelaksana, Guna­wan Alza SHut yang juga Ke­pala Bidang KSDA Wilayah III Padang­sidimpuan kepada wartawan, Senin (19/8).

Kegiatan ini dirangkai de­ngan talkshow di radio dan pendidikan konservasi di SD, SMP dan SMA/sederajat.

Dijelaskan, tiga lomba yaitu, lomba mewarnai ting­kat TK, lomba mengarang tingkat SMP/sederajat dan lomba membuat poster ting­kat SMA/sederajat.

“Delapan lembaga dan institusi yang berkolaborasi melaksa­nakan kegiatan itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut-Ke­menterian Ling­kungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pem­kab Tapsel, PT. North Su­matera Hydro Energy (NSHE), Yayasan Sorik Me­ra­pi Indonesia (SRIMPI), Lem­baga Sipirok Lestari Indonesia (LSLI), KPA Forester Ta­bagsel, Jaringan Advokasi Masyarakat Marjinal (JAMM) dan Lintas Cakra­wala (LC),”katanya.

Dikatakan, tujuan kegiatan bagian rangkaian kegiatan edukatif bagi masyarakat luas tentang upaya pelestarian Ha­rimau Sumatera dan Orangutan serta satwa prioritas lain­nya.

Menumbuhkan cinta

Output dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh­kan cinta dan kepedulian ting­gi, meningkatkan upaya per­lindungan, pemahaman ma­syarakat, komitmen para pi­hak, meningkatkan regulasi dan sanksi hukum, menum­buhkan jiwa-jiwa yang kon­ser­vasi Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan terha­dap generasi muda di tiga ke­camatan Harimau Sumatera dan Orang­utan, yaitu Kecama­tan Sipirok, Marancar dan Batangtoru,” ujarnya.

Gunawan mengatakan, untuk lomba mewarnai tingkat TK, pendaftaran tanggal 15-20 Agustus, gratis.

“Pendaftaran bisa online de­ngan mengisi form online­padalink:https://forms.gle/XBDHi3kg3QW93Zzd8 atau mendatangi Sekretariat Pani­tia di Kantor Seksi V Kon­servasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sipirok, Jalan Sumu­ran, Sipirok, hari dan kerja, Senin-Jumat pukul 08.30-16.00 WIB,” katanya. Lomba mengarang tingkat SMP/se­derajat, lanjut Guna­wan, pendaftaran gratis, men­daftar pada guru Bahasa Indonesia di sekolah masing-masing pada tanggal 12-19 Agustus.

Ancaman

Tema karangan, Penyel­amatan, Peles­tarian dan Anca­man terhadap Harimau Su­matera dan Orangutan. Pe­nyelamatan dapat berupa tidak berburu, melukai, dan/atau membunuh Harimau Suma­tera dan Orangutan.

Pelesta­rian dapat berupa tidak mem­bakar, menebang dan merusak hutan Harimau Sumatera dan Orangutan. Ancaman dapat be­rupa perdagangan, perbu­ruan, penjeratan, meracun Harimau Sumatera dan Orangutan.

Lomba membuat poster tingkat SMA/sederajat, men­daftar ke guru Bahasa Indone­sia di sekolah masing-masing tanggal 12-19 Agustus.

Seluruh peserta lomba nantinya akan mendapatkan sertifikat dan masing-masing juara akan menerima plakat dan uang pembinaan”,ujarnya sembari menyebut untuk talk show digelar di RAU FM tanggal 16 Agustus 2019 pukul 20.00-21.00 WIB, membahas tentang konservasi SDA.

“Kegiatan edukasi melalui pendidikan konservasi digelar di SDN Bulu Mario, Keca­matan Sipirok, SMPN Maran­car, Kecamatan Marancar dan SMKN 2 Si­penggeng, Keca­matan Batangtoru.

Digelar serentak tanggal 27 Agustus dengan nara sumber dari Yayasan Orangutan Information Center dan BKSDA,” ujarnya. (hih)

()

Baca Juga

Rekomendasi