Penyakit DBD Jadi Perhatian

penyakit-dbd-jadi-perhatian

Tebingtinggi, (Analisa). Tingginya angka kasus penyakit demam berdarah (DBD) di Kota Tebingtinggi, yang tercatat dari Januari-Agustus 2019 mencapai 287 kasus, hal ini dinilai perlu menjadi perhatian dan diwas­padai warga daerah itu.

“Kasus DBD ini terdapat di 35 kelurahan dari 5 keca­matan, guna pencegahannya ti­dak bisa hanya mengha­rapkan kerja Pemerintah Kota Tebingtinggi. Tapi tang­gung­jawab semua warga kota ini” kata Kepala Dinas Kesehatan Tebingtinggi, dr. Nanang Fitra Aulia.Sp.PK, Minggu (18/8).

Dikatakannya, sudah dua pe­kan tim dari Dinas Keseha­tan setiap hari turun ke kelu­rahan untuk memberikan pe­nyuluhan sekaligus memantau dan memeriksa rumah-rumah warga secara bergiliran. Dari mulai kamar mandi, toilet hing­ga tempat penampungan air. Bahkan, pot-pot bunga di­lakukan pemeriksaan. Begitu juga selekon rumah, masih banyak warga belum yang be­lum melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Masih banyak ditemui jentak-jentik di dalam kamar mandi, atau tempat penampu­ngan air dan dibiarkan begitu saja meskipun mengkampa­nyekan 3 M terus dilakukan. “Dinkes juga melakukan pemantauan dan pemeriksaan ke sekolah-sekolah di Tebing­tinggi, guna mengetahui sum­bernya berasal dari mana DBD itu,”ungkap Nanang. (cha)

()

Baca Juga

Rekomendasi