Songket Pandai Sikek Dipamerkan

songket-pandai-sikek-dipamerkan

Padang, (Analisa). Songket Pandai Sikek dari Kabupaten Tanah Datar dipamerkan di Padang Fair dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia dan HUT Kota Padang ke-350 di GOR Haji Agus Salim Padang.

Penjaga stan Kabupaten Tanah Datar Dodi Juli Hendri di Padang, Rabu (21/8), mengatakan songket Pandai Sikek yang berasal dari nagari Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) itu sudah dipasarkan ke beberapa negara.

“Bahkan permintaan songket Pandai Sikek sudah tembus ke luar negeri, seperti Amerika Serikat, Austra­lia dan Jepang,” kata dia.

Ia juga mengatakan selain dikirim langsung ke pem­beli di beberapa negara tersebut, beberapa wisata­wan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Ta­­nah Datar juga sering membeli langsung songket Pandai Sikek sebagai buah tangan.

Songket Pandai Sikek dijual seharga Rp1 juta karena memiliki motif-motif unik yang sudah ada sejak lama dan diproduksi secara manual mengunakan alat te­nun.

“Harga songket Pandai Sikek beragam yakni sesuai bentuk dan tingkat kesulitan pembuatannya,” ujar dia.

Selain itu di Kabupaten Tanah Datar juga terdapat Sentra Industri Tenun di daerah Lintau yakni bantuan dari Pemerintah Pusat sebagai tempat belajar menenun bagi masyarakat di sana. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi