UniMAP Malaysia Kunjungi ITM

Mahasiswa Dituntut Ciptakan Produk Inovatif

mahasiswa-dituntut-ciptakan-produk-inovatif

Rombongan mahasiswa (UniCITI ALAM) University Ma­laysia Perlis (UniMAP) me­ngunjungi Institut Teknologi Medan (ITM), di Jalan Gedung Arca Medan, Selasa (20/8).

Rombongan mahasiswa Uni­MAP dipimpin Kepala Asrama Mahasiswa UniMAP Dr Norshah Aizat Shuaib diterima Wakil Rektor I ITM Her­man­syah Alam, MT, didampingi Wa­kil Rektor III Mahyuzar Masri, se­jumlah ketua jurusan, dosen, dan ma­­hasiswa ITM.

Wakil Rektor I ITM, Herman­syah Alam dalam sambutannya menyam­pai­kan, sekarang ini pe­merintah menuntut mahasiswa dan dosen harus menciptakan produk inovatif. Hal itu supaya Indonesia jangan tertinggal dengan negara Asia, Asean dan Internasional.

"Untuk menjadi inovatif, ada kerja sama antara perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri," tandasnya.

Institut Teknologi Medan (ITM), lan­jutnya, sudah melak­sanakan kerja sama atau MoU sejak 2008 hingga sekarang. Salah satu MoU nya adalah meningkatkan Sumberdaya Ma­nusia (SDM). Beberapa dosen sudah berhasil lulus S3.

Kemudian, riset. Riset antara ITM dengan UniMAP. "Dalam hal ini lab pimpinan saya rasa perlu diundang, karena riset itu bukan dosen saja, tetapi juga mahasiswa," katanya.

Selain itu informasi pertu­karan ma­hasiswa, pada perte­muan sebelum­nya. ITM kuliah ke UniMAP sesuai dengan bi­dangnya masing-masing, begitu se­baliknya mahasiswa UniMAP. "Mu­dah-mudahan dalam waktu dekat dapat dilaksanakan atau direalisasikan," ujarnya.

Pihaknya juga sudah melak­sanakan peningkatan mindset atau kemampuan praktik maha­siswa ITM. "Kita sudah me­ngirimkan mahasiswa elektro ke UniMAP pada tahun 2008 lalu," s­e­butnya.

Ketua Asrama Mahasiswa Uni­MAP Malaysia, Dr Norshah Aizat Shuaib dalam kesempatan itu me­nyam­paikan persentase tentang Uni­MAP beserta fasilitas di dalam kampus tersebut.

Menurutnya, mahasiswa yang ber­kunjung ke ITM ini dari mahasiswa UniMAP yang ting­gal di asrama. "Ka­mi berkunjung ingin berdiskusi dan ber­­ko­laborasi dengan ITM serta me­lihat tempat-tempat yang ada di kam­pus ini, " ucapnya.

Sebelumnya, Ketua BEM ITM Tomy Hasan Ginting me­ngucapkan se­lamat datang kepa­da rombongan ma­hasiswa Uni­MAP Malaysia.

"Saya ber­harap bisa bertukar in­for­masi, p­e­nga­laman dan ilmu kepada kawan-ka­wan mahasiswa UniMAP, " katanya sembari menambahkan ITM memiliki tiga fakultas dan 10 prodi. (bardansyah)

()

Baca Juga

Rekomendasi