Asap Tebal Potensial Masuk Malaysia

asap-tebal-potensial-masuk-malaysia

Tanjungpinang, (Analisa). Badan Meteorologi, Kli­ma­tologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi asap tebal dari Riau berpotensi masuk ke Malaysia dan Singapura.

Prakirawan BMKG Tan­jung­pinang Vivi Putri di Tanjungpinang, Rabu (21/8) mengatakan asap tebal dari ke­bakaran hutan di Riau di­bawa angin yang bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan sehingga dapat masuk ke Malaysia dan Singapura. “Kecepatan angin 5-35 km/jam,” ujarnya.

Vivi mengatakan petugas BMKG menggunakan Satelit Terra Aqua dan Suomi NPP memantau titik panas di Kepri maupun wilayah lainnya. BMKG mendeteksi jumlah titik panas di Riau mencapai 40 titik.

“Titik panas di Riau masih banyak. Semakin banyak titik panas, maka se­makin ting­gi potensi asap masuk ke Malaysia dan Singapura," ucapnya.

Di Kepri, kata dia, BMKG mendetek­si satu titik panas di Kundur, Kabapaten Kari­mun, dan satu titik panas di Bu­ngur­an Timur, Natuna. Asap dari keba­karan hutan yang dideteksi di Kundur dan Bunguran Timur itu tidak ber­potensi masuk ke Singa­pura dan Malaysia.

Asap di Kepri, menu­rut­nya berpo­tensi terjadi, namun bukan berasal dari Kepri, melainkan dari Bangka Belitung. “Dengan pola per­gerakan angin ini, asap dari Riau tidak masuk ke Kepri, me­lainkan dari Babel," katanya. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi