Pemda-Polisi Harus Bersinergi Berantas Pengeboran Ilegal

pemda-polisi-harus-bersinergi-berantas-pengeboran-ilegal

Jambi, (Analisa). Direktur Tindak Pidana Tertentu Bares­krim Polri Brigjen Pol M Fadil Imran me­nga­takan, pemerintah daerah (pemda) dan polisi harus bersinergi dalam menegak­kan hukum untuk memberantas pengeboran minyak tanpa izin atau "illegal drilling" yang ada di berbagai daerah termasuk di Provinsi Jambi.

"Imbauannya agar pemda harus member­dayakan masyarakat dan pemerintah harus di depan untuk mencari solusi yang terbaik, khususnya terhadap masyarakat yang tidak mengerti bahwa perbuatan 'illegal drilling' merupakan kegiatan yang dilarang secara hukum," katanya usai melakukan Rapat Koor­dinasi Dittipidter Bareskrim Polri dengan satuan kewilayahan tentang Pena­nganan Tindak Pidana Minyak dan Gas Bu­mi di wilayah Hukum Polda se-Sumatera, di Kota Jambi, Rabu.

Menurut dia, persoalan "illegal drilling" dan sumur-sumur minyak tradisional ter­sebut tidak murni karena persoalan hu­kum. Mencari solusi baik melalui langkah-lang­kah pemberdayaan, kerja sama, pre­ventif maupun penegakan hukum.

"Penegakan hukum tentu menjadi jalan terakhir, khususnya kepada pelaku-pelaku 'illegal drilling' yang memang mengka­pita­lisasi yang sifatnya terorganisir," katanya.

Belum lama ini, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis mengimbau kepada seluruh pelaku "illegal drilling" agar segera menghentikan aktivitasnya, sebelum tim terpadu mela­kukan tindakan tegas terhadap pelaku pe­nambangan minyak ilegal. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi