Lingkungan Paindoan Ikuti Penilaian Kampung-KB Sumut

lingkungan-paindoan-ikuti-penilaian-kampung-kb-sumut

Rantauprapat, (Analisa). Kampung KB di Lingkungan Paindoan, Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu ikuti penilaian Kampung KB tingkat Pro­pinsi Sumatera Utara, Selasa (20/8).

Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe diwakili Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB), Lidyawati Ha­ra­hap mengatakan, Kampung KB Paindoan dicanangkan pada tahun 2016 lalu, dan menjadi cikal bakal terbentuknya Kampung KB lain di Kabupaten Labuhanbatu.

Dikatakan juga, semoga ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih serius dan lebih meningkatkan capaian program KB di Kabupaten Labuhanbatu, guna mensejah­tera­kan masyarakat Labuhanbatu dan Kampung KB khususnya.

Untuk tahun 2019, lanjut Lidya­wati, ada 22 Kampung KB yang akan dinilai se-Provinsi Sumatera Utara, salah satunya Kampung KB di Paindoan ini yang para kadernya sangat luar biasa. "Kampung KB tidak perlu besar, yang terpenting adalah partisipasi dari masyara­kat­nya," ucapnya.

Lidyawati juga menambahkan, pada tahun 2018 Kampung KB di Dusun Sukamulia, Desa Pondok Ba­tu, Kecamatan Bilah Hulu menjadi Kampung KB terbaik se-Sumatera Utara dan menjadi percontohan untuk tingkat nasional.

Marlina Ernawati, Kasi Pemetaan Kebijakan Pengendalian Penduduk Dinas PPKB Provsu selaku Ketua Tim menjelaskan, kedatangan tim dari Provinsi Sumatera Utara bukan hanya melakukan penilaian, tetapi juga untuk melihat perubahan apa yang sangat signifikan dari Kam­pung KB Paindoan semenjak dica­nangkan pada tahun 2016 yang lalu sebagai indikator keberhasilan dari pembentukan Kampung KB.

Camat Rantau Utara, Andrea Nu­zul Manik menyampaikan, de­ngan hadirnya Kampung KB di ling­kungan Paindoan, masyarakat disini sudah banyak perubahan, kejahatan narkoba dan kenakalan remaja juga semakin berkurang.

"Terima kasih kepada Dinas PP­KB, yang telah mengembangkan dan membangun Kampung KB dilingkungan ini," ungkap Andrea. (ra)

()

Baca Juga

Rekomendasi