Bak Sampah Rusak, Warga Siumbutumbut Mengeluh

bak-sampah-rusak-warga-siumbutumbut-mengeluh

Kisaran, (Analisa). Warga Kelurahan Siumbut Ba­ru, Kecamatan Kisaran Timur, mengeluh karena bak sampah yang dijadikan tempat pembuangan sementara (TPS) rusak bahkan sebagian ada yang pecah.

Akibatnya, sampah yang seha­rus­nya berada di dalam bak, akhir­nya berserakan hingga ke badan-badan jalan. "Lihat sampai ber­sera­kan karena baknya sudah pe­cah," ungkap salah seorang warga kepada Analisa, Rabu (21/8).

Sampah yang berserakan itu pastinya membuat pemandangan ti­dak enak dipandang mata dan juga aroma yang tidak enak. "Se­lain mengganggu pemanda­ngan, juga menimbulkan aroma yang tidak enak," ungkap warga tersebut.

Di Jalan Budi Utomo, Siumbut Baru ada dua bak sampah yang rusak, keduanya memiliki volume sampah yang cukup banyak. Dan kemungkinan masih ada bak sam­pah lain juga memerlukan per­hatian khusus Pemkab Asahan. "Kami mohon kepada Pemkab Asahan melalui Dinas Lingkungan Hidup, dapat memperbaiki bak-bak sampah yang rusak dan pe­cah," ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hi­dup Kabupaten Asahan, Bambang mengatakan, pihaknya akan me­maksimalkan pengangkutan sam­pah dengan beca sampah, karena untuk memperbaiki bak sampah yang rusak belum ada alokasi biaya.

“Kita akan perhatikan terhadap bak sampah yang rusak. Untuk sementara bisa kita siapkan bak amrol atau becak sampah,” ujar Bambang.

Bambang berharap ada pihak pihak perusahaan atau kelompok yang dapat membantu mem­beri­kan bantuan pembuatan bak sam­pah atau pemberian bak amrol sampah sehingga sampah di dae­rah tersebut bisa teratasi sehingga sampah bisa dikendalikan dengan baik.

Menyikapi itu, D Panjaitan menilai Dinas Lingkungan harus pro aktif dalam menyikapi keru­sakan bak sampah itu, jangan karena tidak ada anggaran kemu­dian langsung mengimbau, tetapi dinas tersebut harus jemput bola, bicarakan dengan kelompok ma­syarakat, sehingga dengan ko­munikasi itu ada jalan keluar. "Ajak masyarakat bicara, pasti ada solusi," ungkapnya. (aln)

()

Baca Juga

Rekomendasi