Aceh Persiapkan Pelajar Ikuti KSM Nasional

aceh-persiapkan-pelajar-ikuti-ksm-nasional

Banda Aceh, (Analisa). Kanwil Kemenag Aceh mempersiapkan para pelajar dari madrasah baik Madrasah Tsanawiyah (Mts) maupan aliah (MA) un­tuk mengikuti Kompetisi Sains Ma­dra­sah (KSM) tingkat nasional di Manado, pada pertengahan September 2019.

Mereka ini diambil dari hasil KSM tingkat provinsi yang baru selesai dilaksa­nakan.

Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, H Sa­ifuddin, SE mengatakan, para juara se­tiap cabang perlombaan KSM pro­vinsi akan mengikuti kompetisi KSM tingkat nasional yang akan digelar di Manado pada 16-20 September 2019.

Sebe­lumnya, mereka ha­rus terlebih dahulu mengikut pembinaan melalui training center (TC) agar dapat me­raih nilai Standar.

“Nanti menjelang berangkat ke Manado, para juara akan mengikuti TC yang akan dimulai akhir bulan ini, kita inginkan yang berangkat paling tidak nilainya minimal 80,” ujar Sai­fuddin, didampingi Kabid Pen­mad HM Idris, Minggu (18/8).

Menurut Saifuddi setelah proses TC dan pembinaan, kemudian dites kembali. Ber­bagai kekurangan akan dibenahi dan yang sudah baik, terus dipertahankan dan diting­katkan.

Dikatakannya, pada KSM tahun lalu Aceh mendapat peringkat ke-6, di targetkan KSM di Manado harus dapat pres­tasi lebih baik.

Saat penutupan kegiatan tersebut, Sai­fuddin SE mengha­rapkan kepada Bidang Pendidikan Madrasah untuk melakukan eva­luasi pelaksanaan KSM 2019 dan juga melakukan pem­binaan ekstra kepada para juara guna persiapan jelang ber­kompetisi pada tingkat nasional.

Ia meminta kepada panitia untuk men­catat semua perolehan nilai peserta dan juga melakukan evaluasi terhadap pe­laksanaan KSM tahun ini.

Saifuddin menginginkan siswa-siswi Aceh mampu bersaing tingkat nasional, kalau ada ken­dala harus segera dicari so­lusi.

KSM tingkat Provinsi Aceh tahun 2019 ini mengangkat tema “Integrasi Sains dan Islam menuju Madrasah Hebat dan Ber­martabat”, diikuti 531 siswa/siswi, dibuka oleh Kakanwil Kementerian Agama Pro­vinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh di Asrama Haji, Rabu (14/8). (irn)

()

Baca Juga

Rekomendasi