Turki Operasikan Pos Pengawasan di Suriah

turki-operasikan-pos-pengawasan-di-suriah

Ankara, (Analisa). Semua pos pengawasan Turki, yang dibentuk berdasarkan kese­pakatan dengan Rusia dan Iran, akan tetap ada dan dukungan akan terus mengalir terhadap pos terse­but, demikian jurubicara kepresi­denan Turki, Ibrahim Kalin, Kamis (22/8).

Pada Senin, diduga serangan militer Suriah menghantam konvoi militer Turki yang me­nuju pos pengawasan di dekat Khan Shei­khoun, Idlib. Damaskus menge­cam apa yang disebut sebagai upaya Turki untuk menga­mankan pembe­rontak.

Berbicara di hadapan awak media seusai rapat kabinet, Kalin mengatakan Presiden Tayyip Er­dogan akan menghubungi Presi­den Rusia Vladimir Putin dan juga Presiden AS Donald Trump dalam beberapa hari mendatang untuk membahas perkem­bangan di Suriah.

Ia menyebutkan jadwal yang disepakati dengan AS soal rencana zona aman di timur Sungai Efrat di Suriah akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan.

Ia juga menuturkan bahwa pasukan Turki dan AS akan segera memulai patroli gabu­ngan di kawasan tersebut.

Di Washington, Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan AS Mark Esper berbicara kepada mitranya Turki pada Rabu dan bahwa mekanisme keamanan di Suriah timur laut akan dieksekusi dalam "sejumlah tahap yang telah ditentukan"

Esper dan Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, "meng­konfir­masi niat mereka un­tuk segera mengambil langkah-langkah ter­­koordinasi guna mewujudkan kerangka ker­ja seperti yang ditunjukkan dengan ber­dirinya Pusat Koordinasi Gabungan di Turki," demikian pernyataan Pentagon. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi