Bolsonaro Tuduh LSM Bakar Hutan Amazon

bolsonaro-tuduh-lsm-bakar-hutan-amazon

Sao Paulo, (Analisa). Presiden sayap kanan Brazil Jair Bol­sonaro, Kamis (22/8),   menuduh lembaga swadaya masyarakat (LSM) me­lakukan pem­bakaran hutan hujan Amazon untuk men­coreng citra pemerintahannya setelah me­mang­kas dana untuk mereka.

Pakar iklim dan lingkungan membantah klaimnya yang tak berdasar sebagai "tabir asap" un­tuk menutupi pembongkaran per­lindungan hutan hujan tropis terbesar di dunia tersebut. Mereka juga mengatakan pem­bukaan lahan oleh para petani meru­pakan penyebab lonjakan kebakaran hutan.

"Semuanya mengindikasikan" bahwa NGO berangkat ke Ama­zon "untuk mem­bakar" hutan tersebut, kata Bolsonaro me­lalui siaran Langsung Facebook. Saat dita­nya apakah ia memiliki bukti yang mem­perkuat klaimnya, ia menjawab "tidak ada rencana tertulis", menambahkan "bukan begitu caranya."

Mantan kapten militer yang terjun ke dunia politik itu berpen­dapat pemangkasan dana oleh pemerintahannya dapat menjadi motif.

"Kejahatannya ada," ungkap dia. "Orang-orang ini kehilangan uang." Per­nyataan ter­baru Bolso­naro membuat geram para pecinta lingkungan, yang semakin khawatir dengan sikapnya terhadap hutan hujan Amazon, benteng utama melawan peru­bahan iklim dan lebih dari setengah dari hutan tersebut berada di Brazil.

"Ini pernyataan yang menya­kitkan, pernyataan menyedihkan," kata Marcio As­trini, koordinator kebijakan umum Gree­peace Bra­zil. "Maraknya penggundulan hu­tan serta pembakaran meru­pakan akibat dari kebijakan anti-ling­kungan presiden." (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi