Pertamina Dorong Transaksi Nontunai Beli BBM

pertamina-dorong-transaksi-nontunai-beli-bbm

Pontianak, (Analisa). PT Pertamina (Persero) Wilayah Ka­limantan Barat dorong transkasi nontu­nai dalam membeli BBM di SPBU de­ngan aplikasi LinkAja karena lebih sederhana dan cepat, selain juga bisa menggunakan kartu debit, kredit atau kartu uang elektronik berbagai bank di wilayah Kota Pontianak.

"Saat ini Pertamina sangat mendu­kung program Pontianak Go Cashless atau menerapkan transaksi nontunai un­tuk semua pembelian BBM di SPBU yang ada di kota itu," kata Marketing Branch Manager, PT Pertamina (Per­sero) Kalbarteng, Muhammad Ivan Syu­hada di Pontianak, Kamis (22/8).

Ia menjelaskan LinkAja ini adalah asli milik anak bangsa. "Transaksi pem­b­elian di SPBU menggunakan LinkAja saat ini paling cepat, bahkan tidak sam­pai 15 detik apabila dibanding menggu­nakan transaksi menggunakan kartu de­bit lainnya," katanya.

Menurut dia, transaksi mengguna­kan aplikasi LinkAja saat ini ada EDC (elektronic data capture) sendiri atau dapat digunakan di EDC bank himbara (mandiri/bni/bri), dan tersedia di 22 SPBU yang ada di Kota Pontianak yang sudah dapat menggunakan LinkAja. "Sa­at ini untuk transaksi menggunakan aplikasi LinkAja dengan EDC LinkAja yakni di dua SPBU, yakni SPBU di Bun­daran Kota Baru dan SPBU Coco atau di Jalan Ahmad Yani Pontianak,” katanya.

Tetapi, menurut dia untuk LinkAja dengan menggunakan EDC mandiri atau bank himbara lainnya sudah bisa digunakan di semua SPBU yang ada di Kota Pontianak.

"Model transaksinya lebih mudah, yakni cukup download aplikasi LinkAja menggunakan handphone android atau IOS, kemudian nantinya ketika mem­beli BBM saat akan membayar petugas SPBU tinggal membawa barcode ke ken­daraan konsumen untuk menscan menggunakan handphone konsumen tersebut," katanya.

Terkait masalah keamanan, sudah ada aturannya, salah satunya petugas SPBU yang mendatangi konsumen da­lam menscan barkode LinkAja, sehing­ga transaksi nontunai akan semakin ce­pat dari sebelumnya, katanya.

Dalam kesempatan itu, Ivan menam­bahkan penerapan ini (transaksi nontu­nai dalam membeli BBM) merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya, yakni September 2017.

Pemkot Pontianak didukung oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar telah menan­datangani Nota Kesepahaman, yang me­ngatur tentang kebijakan elek­tronifikasi pembelian BBM secara non­tunai di selu­ruh SPBU Pertamina di Ko­ta Pontianak dengan dukungan dari Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Kal­bar, Telkom­sel, Indosat dan Tri serta PT XL, Axiata.

Realisasi dari nota kesepahaman tersebut dimulai 1 Januari 2018 dengan mengimplementasikan elektronifikasi pembelian BBM secara nontunai dibe­berapa SPBU Pertamina di Kota Pon­tia­nak. Hasilnya memperlihatkan tang­ga­pan positif dari masyarakat, tercer­min dari penjualan BBM jenis premium nontunai semakin meningkat, katanya.

"Sehingga sejak 1 April 2018, im­ple­mentasinya diperluas pada pembe­lian BBM jenis pertalite bagi kendaraan roda empat atau lebih. Dan sekarang mulai kita terapkan secara bertahap pa­da semua jenis BBM bagi kendaraan roda dua dan roda empat," katanya.

LinkAja adalah wajah baru dari TC­ASH, layanan keuangan digital (e-wallet) milik Telkomsel, anak usaha PT Te­le­komunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Selain itu, LinkAja me­rupakan gabungan dari layanan ke­uangan elektronik milik PT Bank Man­diri (Persero) Tbk dengan E-Cash, Unik­Qu dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan merek T-Bank, dan termasuk pemilik saham­nya PT Pertamina (Persero). (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi