Turbulensi Parah, 14 Penumpang Terluka

turbulensi-parah-14-penumpang-terluka

Madrid, (Analisa). Sedikitnya 14 orang terluka dalam penerbangan dari Mauritius menuju Madrid. Pasalnya, pesa­wat maska­pai charter Spanyol, Evelop, yang mereka tumpangi meng­alami turbulensi parah.

Pesawat jenis Airbus 330 itu berhasil men­darat dengan selamat di bandara Madrid. Tidak disebut jumlah penumpang dan awak yang ada di dalam pesawat.

Pihak maskapai Evelop dalam pernyataannya, Kamis (22/8), ha­nya menutur­kan bahwa turbulensi parah di da­­lam pesawat ber­langsung se­lama 15 detik, hingga membuat pesawat sempat terjun sejauh 100 meter.

Sedikitnya 14 orang mengala­mi luka memar ringan dan telah dibawa ke rumah sakit setempat un­tuk menjalani pemeriksaan me­dis. Para korban luka itu telah di­perbolehkan pulang dari rumah sakit pada hari yang sama. Juru bicara maskapai Evelop menye­but tiga awak pesawat ikut meng­alami luka-luka.

Ditegaskan pihak maskapai Evelop bahwa peringatan sabuk pengaman telah diaktifkan sebe­lum pesawat memasuki zona ra­wan turbulensi. Laporan menye­but ada sekitar 11 penumpang yang mengabaikan peringatan itu dan tidak memasang sabuk pengaman dengan benar.

Salah satu penumpang yang dikutip surat kabar lokal, El Mundo, menyebut momen saat pesawat terjun ke bawah akibat turbulensi, banyak orang 'terbang ke langit-langit kabin dan ter­angkat ke udara, seperti yang Anda lihat di film-film'.

"Kami semua berpikir kami akan mati," ucapnya, sembari menyebut bahwa saat pesawat berhasil mendarat dengan sela­mat, seluruh penumpang bertepuk tangan dan saling berpelukan.

Seorang penumpang lainnya yang menyebut namanya sebagai Mar, menuturkan kepada radio Cadena Ser bahwa pesawat sem­pat 'terjun seperti ketika Anda ber­ada di wahana pekan raya'.

"Kami melihat banyak penum­pang benar-benar terbang di atas kursinya, beberapa terbentur la­ngit-langit kabin, yang lain mem­bentur kursi di samping mereka," tuturnya. Maskapai Evelop yang ber­kan­tor di Pulau Balearic, Spanyol ini mengoperasi penerbangan jarak pendek dan jarak jauh antara Spanyol dan Portugal. Maskapai ini biasanya disewa oleh agen-agen perjalanan. (Ant/AFP/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi