Pola Makan Pengaruhi Munculnya Diabetes

pola-makan-pengaruhi-munculnya-diabetes
Medan, (Analisa). Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Kota Medan sosialisasi pencegahan Penyakit Diabetes Melitus, Senin (19/8) di pelataran Kantor Camat Medan Perjuangan.

Tim Persadia terdiri atas dosen UMA Drs Drs Syarifuddin Ritonga MAP dan Taufik Wal Hidayat S.Sos MAP tersebut juga menyosialisaikan Universitas Medan Area (UMA) khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMA. 

Kegiatan yang dilakukan usai apel pagi tersebut, turut dihadiri Camat Medan Perjuangan, Drs Afrizal M. AP, Sekcam, Zul Ahyudi Solin AP M.Si, dan seluruh pegawai serta para lurah, kepala lingkungan se-Kecamatan Medan Perjuangan.  Syarifuddin yang akan menyelesaikan pendidikan  doktor UINSU mengungkapkan pola makan sangat mempengaruhi munculnya diabetes melitus. 

Kondisi itu semakin diperparah dengan pola pikir dan kurangnya aktivitas olahraga, sehingga semakin mudah orang terkena diabetes. 

Karena itu, Syarifuddin yang juga Ketua Persadia Kota Medan  mengingatkan kepada seluruh aparat kecamatan Medan Perjuangan untuk tidak takut terhadap munculnya penyakit diabetes. Sebab penyakit itru bisa dihindari jika kita selalu menjaga pola makan, pola pikir dan selalu berolahraga agar  tubuh sehat. 

Olahraga itu penting agar mampu menurunkan gula darah dan  memperbaiki komposisi dalam tubuh seperti mengurangi jaringan lemak dan meningkatkan massa otot, yang pada akhirnya memperbaiki regulasi gula darah 

Namun, alumni UMA ini juga mengatakan saat ini meningkatnya penderita diabetes karena terjadinya perubahan gaya hidup dengan memakan makanan yang instan,sehingga mempercepat perkembangan diabetes pada diri manusia. “Tidak dipungkiri, selalu memakan makanan instan dan mengonsumsi minuman yang banyak mengandung glukosa juga sangat rentan terkena diabetes,” ujarnya.

Camat Medan Perjuangan, Drs Afrizal M.AP menyambut baik kehadiran dosen UMA yang memberikan penyuluhan diabetes. Karena ungkapnya  penyuluhan tersebut sangat positif dalam menghindari penyakit diabetes.  Penyuluhan diabetes tersebut dirangkaikan tanya jawab. (twh)

()

Baca Juga

Rekomendasi