LPA Mustika Gelar Pelatihan Akupunktur

lpa-mustika-gelar-pelatihan-akupunktur

Kualasimpang, (Analisa). Lembaga Pendidikan Akupunktur (LPA) Mustika di bawah naungan Yayasan Baroena Mustika Indonesia (YBMI) meng­gelar pelatihan akupunktur, di Desa Paya Kulbi, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang (Atam), Kamis (22/8).

Kegiatan ini dibuka Kabid Pembina PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Disdikbud Aceh Tamiang, Mukhlis yang diikuti 20 peserta program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). “Nantinya para peserta akan diberi pelatihan aku­punktur dan bekam agar bisa menjadi prak­tisi yang mandiri,” kata Mukhlis, saat memberi kata sambutan.

Mukhlis menyatakan, pendidikan keca­kapan akupunktur sangat layak dilak­sa­nakan di Kabupaten Aceh Tamiang. De­ngan adanya pendidikan tersebut, para pemuda Aceh Tamiang diharapkan bisa memiliki keahlian untuk mandiri.

“Saya mewakili Kepala Dinas Pen­di­dikan di sini merasa sangat senang dan bang­ga, program PKW bidang akupunktur yang merupakan program dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan DPKP, Kemendikbud RI ini bisa dilaksanakan di Aceh Tamiang,” ucapnya.

Pihaknya meyakini, dengan adanya pen­didikan kewirausahaan seperti ini, bisa berdampak pada kesejahteraan anak-anak muda sebagai peserta.

Sebab dengan mengetahui dan me­nguasai ilmu aku­punktur mereka bisa mulai membuka usaha sendiri nantinya.

Mukhlis berharap, para peserta serius dalam mengikuti pendidikan sehingga keterampilan akupunktur dan bekam itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga para peserta pela­tihan.

Persaingan kerja saat ini sangat ketat, karena itu, peserta harus benar-benar me­nguasai ilmu dan keterampilan ini se­bagai calon akupunkturis supaya bisa man­diri,” pesan pejabat Disdikbud Atam tersebut.

Pimpinan LPA Mustika Adriansyah me­ngatakan, pelaksanaan pendidikan keca­kapan wirausaha tersebut merupakan ban­tuan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas-Ke­mendikbud tahun 2019, yang diper­cayakan kepada lembaga pendidikan masya­rakat yang dikelolanya.

Sedangkan kuota yang dibutuhkan oleh LPA Mustika untuk mengikuti program PKW bidang akupunktur tersebut sebanyak 20 peserta.

Sebenarnya, kata dia, dalam proposal pihaknya mengajukan kuota 25 orang ke Ditbinsuslat, namun yang disetujui cuma 20 orang. “Para peserta ini nanti akan kita latih supaya menjadi mandiri setelah selesai mengikuti pendidikan,” jelasnya. (dhs)

()

Baca Juga

Rekomendasi