Putra Sulung Dian Sastro Idap Austisme

putra-sulung-dian-sastro-idap-austisme

KEHIDUPAN rumah tang­ga aktris cantik Dian Sastro dan sang suami, Indraguna Maulana Sutowo terbilang jauh dari isu miring. Kebahagiaan keduanya makin lengkap dengan keha­di­ran dua anak, yakni Syailendra Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo.

Kali ini, Dian memberi pengakuan mengejutkan terkait putra sulungnya yang ternyata mengidap autisme. Pemain film ‘Aruna dan Lidahnya’ ini mengungkap Syailendra yang kini berusia delapan tahun memiliki tujuh ciri seseorang yang mengidap autisme. "Dari tujuh ciri yang saya lihat, di anak saya ada semuanya," ujar Dian seperti dilansir dari Insert­Live, Jumat (23/8).

Tujuh interaksi yang dimak­sud adalah kesulitan komuni­kasi baik verbal maupun non verbal, gangguan dalam berh­u­bu­ngan sosial, melakukan tan­trum untuk mengungkapkan ke­ingi­nannya, kesulitan beradap­tasi dengan perubahan rutinitas, memiliki kemampuan luar biasa dalam satu bidang, melakukan hal yang sama berulang, dan ke­kuatan salah satu indra atau lebih.

Putra Dian tersebut memang sudah bersekolah sejak berusia enam tahun, namun tidak tertarik pada kegiatan yang di­arahkan gurunya. Bukan hanya itu, setiap ingin menunjukkan sesuatu, putranya selalu mena­rik tangan Dian. Perempuan 37 tahun itu juga mengungkap sang putra tidak bisa meniup lilin dan fokus dengan dunianya sen­diri. Dari sejumlah ciri tersebut, Dian mengatakan sudah mem­bawa putranya ke dokter tum­buh kembang dan psikolog saat berusia delapan bulan. (wk)

()

Baca Juga

Rekomendasi