Serbia Resmi Bergabung dengan AIIB

serbia-resmi-bergabung-dengan-aiib
Belgrado, (Analisa). Serbia secara resmi menjadi anggota non-regional Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), kementerian keuangan negara yang dikonfirmasi pada hari Kamis (22/8) dalam siaran pers. Menteri Keuangan Serbia Sinisa Mali memperkirakan bahwa dengan bergabung dengan organisasi internasional ini, Serbia akan "mendapatkan akses ke dana kredit yang menguntungkan untuk pelaksanaan proyek-proyek prioritas".

Siaran pers mengatakan bahwa negara itu memenuhi semua prosedur dan ketentuan yang diperlukan untuk keanggotaan. Yakni, Serbia mengadopsi Undang-Undang ten­tang Konfirmasi Pendirian UU AIIB, men­depositokan instrumen aksesi dan memba­yar angsuran pertama sahamnya di ibukota bank.

Lembaga keuangan multilateral yang diinisiasi Tiongkok itu mulai beroperasi pada Januari 2016 dengan 57 anggota pendiri – dan kini sudah mencapai 100 anggota di seluruh dunia --  dengan agenda yang berfokus pada mendukung pemba­ngunan berke­lanjutan melalui infrastruktur dan sektor produktif lainnya di Asia dan sekitarnya.

Sementara itu, Jaringan Etika Organisasi Multilateral (ENMO) telah menyetujui Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) untuk menjadi anggota.

"Keanggotaan dalam ENMO menun­jukkan komitmen kami terhadap standar profesionalisme dan etika tertinggi dalam operasi kami," kata Chief Ethics Officer AIIB Tony Wan. “Kami berharap dapat bekerja dengan anggota ENMO lainnya untuk berbagi praktik terbaik dan untuk mengeksplorasi kemungkinan kolaborasi lintas institusi,” tambah Senior Ethics Officer AIIB El Cid Butuyan.

ENMO menyatukan para profesional senior yang bertanggung jawab atas fungsi etika di lembaga antar pemerintah multila­teral untuk bertukar informasi, pengalaman, dan berkolaborasi dalam isu-isu yang menjadi kepentingan bersama. Ini juga fokus pada memperluas kapasitas profe­sional anggotanya dan mempro­mosikan standar praktik. (Xinhua/AIIB/sy.a)

()

Baca Juga

Rekomendasi