Negosiator Jepang-AS Gagal Capai Kesepakatan Dagang

negosiator-jepang-as-gagal-capai-kesepakatan-dagang

Washington, (Analisa). Tim negosiator terkemuka AS-Jepang, Kamis (22/8), gagal mencapai kesepakatan dagang dan memilih untuk melanjutkan perun­dingan di lain waktu guna mendapat­kan hasil nyata pada pertemuan bilateral akhir pekan.

Setelah perundingan empat jam tanpa henti dilakukan dengan perwakilan perda­gangan AS Robert Ligthizer pada Kamis (22/8), Menteri Ekonomi Jepang Toshi­mitsu Motegi mengatakan, bahwa AS-Je­pang semakin yakin untuk mencapai kesepakatan. Namun perundingan itu mem­butuhkan waktu yang lama karena harus menguraikan beberapa aspek yang mempe­ngaruhi kepentingan nasional kedua negara. Ia menjdwalkan akan bertemu dengan  Per­wakilan Dagang AS pada akhir pekan ini.

Motegi mengunjungi Washington untuk memulai kembali perundingan dengan lightizer, dimana kedua belah pihak berha­rap dapat mengurangi kesenjangan di bidang-bidang seperti pertanian dan produksi mobil agar mendapat kesepakatan bilateral awal.

Sebelumnya pada Rabu (21/8), tim negosiator berupaya untuk mendapat bebe­rapa kesepakatan di sela-sela perte­muan para pemimpin Jepang-AS pada pertemuan G7 (As, Kanada, Prancis, Jer­man, Italia, Inggris, dan Jepang) di Prancis. (Rtr/sanz)

()

Baca Juga

Rekomendasi