Penderita ISPA Capai 20.210 Jiwa

penderita-ispa-capai-20-210-jiwa

Pekanbaru, (Analisa). Kabut asap akibat ke­bakaran hutan dan lahan (Kar­hutla) masih terus menyelimuti wilayah Riau. Dampaknya hampir setiap hari penderita Inspeksi Sa­lu­ran Pernapasan Akut (ISPA) terus bertambah.

Berdasarkan laporan yang diterima Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dampak ISPA mencapai 20.210 jiwa.

Kabid Yankes Dinas Ke­sehatan Provinsi Riau, Yo­hanes, menjelaskan setiap hari pihaknya mendapatkan laporan dari puskes­mas, maupun rumah sakit yang ter­sebar di seluruh kabupaten/kota. Untuk yang ter­banyak penderita ISPA adalah warga Pekan­baru, mencapai 5.061 jiwa.

“Pekanbaru mendapat kiriman asap dari daerah lain, dan penderitanya sudah men­capai ribuan, “ujar Yo­hanes, Jumat (23/8).

Setelah Pekanbaru, Ka­bupaten Siak, yang biasanya meningkat tinggi saat ini tidak begitu signifikan. Kunjungan pende­rita ISPA 3.568 jiwa.Selanjutnya Ka­bupa­tenKampar 3.026 orang, Kota Dumai 2.451 orang, Pelalawan 1.583, Kuansing 63, Rohil 482, Rohul 1.753, Inhu 319 Inhil 1.284, Meranti  319, Beng­kalis 301.

“Kami tetap mengimbau kepada masya­rakat jika ke­luar rumah atau bekerja di luar ruangan, agar meng­gunakan masker guna me­ngurangi dampak dari asap ini,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, mengatakan bahwa kabut asap yang terjadi di Riau tidak semua akibat Karhutla di Riau, tapi juga kiriman dari provinsi lain. Saat ini Karhutla di provinsi Riau masih terkendali oleh satuan tugas (Satgas) Kar­hutla Riau. Sehingga kabut asap sedikit membaik di­banding sebelumnya.

Gubri berharap kabut asap di Riau segera hilang agar masyarakat Riau tidak seng­sara. Mengingat semakin ba­nyaknya masyarakat yang berobat akibat ISPA.

“Semoga masalah Kar­hutla ini segera selesailah, agar kita bisa menghirup uda­ra segar lagi, bukan udara yang menyebabkan pe­nyakit,” harapnya. (pbn)

()

Baca Juga

Rekomendasi