SmarTErnak Bisa Pantau Hewan Sakit

smarternak-bisa-pantau-hewan-sakit

KOMPEISI OpenVino yang diadakan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) dan Intel, melahirkan beberapa solusi yang bisa mengatasi permasalahan sehari-hari. Para peserta terjaring melalui roadshow yang diadakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pada Kamis (22/8), adalah saatnya ke-12 finalis unjuk kebolehan di hadapan para juri. Kompetisi ini ditutup dengan pengu­muman dari tiga developer lokal terbaik. Solusi SmarTErnak berhasil jadi juara pertama serta membawa pulang hadiah sebesar Rp50 juta.

"Jadi ada alat yang dipasangkan ke sapi, seperti wearable, itu 100 persen dibuat oleh orang Indonesia. Jadi kita bisa tahu kondisi sapi, keberadaannya, kesehatannya, per­tum­buhannya sampai nafsu makan," katanya di Jakarta.

Tujuannya agar para peternak bisa lebih tahu produktivitas hewan ternaknya. Tidak hanya wearable, tersedia juga kamera yang dipasang di kandang. Alhasil hewan ternak yang tiba-tiba tidak ada di area yang sudah ditetapkan, bisa ketahuan pemiliknya.

Data detailnya adalah pemilik ternak bisa tahu suhu tubuh sapi, estimasi berat badan, aktivitas sapi, dan bagaimana nafsu makannya. Dari data-data yang didapatkan itu bisa ketahuan kalau sapi itu produktif, atau malah sedang sakit.

Andri tidak menjual solusi itu, sistemnya disewakan per bulan, termasuk wearable, ka­mera dan cloud. Untuk memantaunya, ter­se­dia aplikasi di iOS dan Android. Ke de­pan alat ini dimungkinkan digunakan un­tuk kuda, atau hewan liar yang ada di Taman Safari. (Vvn)

()

Baca Juga

Rekomendasi