Gelar 5G, Qualcom Tentukan Frekuensi

gelar-5g-qualcom-tentukan-frekuensi

BEBERAPA negara dunia telah meluncurkan jaringan 5G secara komersial. Negara tersebut seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, China, Eropa, dan Australia.

Sementara beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Singapura Vietnam, Thailand, dan Malaysia juga tengah merencanakan jaringan 5G komersial pada 2019 dan 2020. Indonesia sendiri saat ini sudah menggelar beberapa uji coba 5G. Namun masih belum tahu kapan 5G akan segera meluncur komersial.

“Pemerintah harus menentukan frekuensi dan alokasinya terlebih dulu. Berbicara soal 5G tidak bisa lepas dari ekosistem partner. Bahwa semua device dari Qualcomm sudah banyak dan semuanya sudah available untuk 5G,” ungkap Country Director Qualcomm Indonesia, Shan­nedy Ong di Jakarta Selatan, Kamis (22/8).

Setelah frekuensinya ditentukan, masih banyak langkah yang harus ditentukan. Sebe­lumnya Director Government Affair for South East Asia & Pacific Qualcomm, Nies Purwati, mengatakan jika Indonesia akan mengikuti World Radio Communication Conference (WRC 2019) pada 28 Oktober dan 22 November 2019 di Mesir.

"Seluruh dunia, memiliki perwakilan peme­rintah yang mengurus telekomunikasi itu akan berkumpul dan menemukan frekuensi-frekuensi yang akan dialokasikan untuk 5G. Ada beberapa kandidat frekuensi dan populasinya populer contohnya 3,5 GHz, kemudian 26 GHz, dan 28 GHz," ungkap Nies. (Okz)

()

Baca Juga

Rekomendasi