Pramuka

Pramuka Perekat NKRI

pramuka-perekat-nkri

Medan, (Analisa). Kwartir Cabang Medan menggelar berbagai kegiatan dalam kaitan peringatan Hari Pramuka Tahun 2019. Bakti masyarakat menjadi gelaran utama sesuai surat edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 0347-00-E tertanggal 26 Juli 2019.

Ketua Kwarcab Medan HM Husni mengata­kan,berbagai kegiatan tersebut menandakan pramuka sangat dibutuhkan dalam penguatan keber­sa­maan dan sebagai perekat NKRI. Melalui kegiatan itu, diharapkan euporia kebangkitan kepra­mu­kaan di Indonesia akan kembali, khususnya di Medan.

Ia menilai, dalam memajukan Gerakan Pramuka diperlukan dukungan semua pihak. Terlebih jika melihat proses pembinaan kepramukaan yang merupakan kepentingan bersama untuk pembentukan generasi muda.

"Daya dukung ini harus melibatkan semua pihak. Kita mengajak berkomitmen untuk membangun karakter anak bangsa. Agar kita mampu melahirkan kader-kader yang andal, tangguh, dan mandiri melalui penguatan dan pemahaman bersama. Termasuk mendukung kurikulum 2013," katanya.

Rangkaian kegiatan dipuncaki dengan api unggun dan malam budaya di Lapangan Carefour, Jalan Gatot Subroto Medan pada Rabu (14/8). Api unggun yang melibatkan 7.000 anggota pramuka itu, menampilkan berbagai pertunjukkan etnis.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa setiap 14 Agustus adalah Hari Pramuka, yaitu hari yang sakral, tanda lahirnya Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda kita," jelas HM Husni kepada Analisa.

Dikatakan, kegiatan sosial kemasyarakatan itu melibatkan pramuka dari golongan siaga, penggalang, penegak, pandega, dan anggota dewasa (pembina) se-Kwarcab Medan. Sesuai tema, “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, rangkaian kegiatan dimulai dengan donor darah dan ulang janji di Lapangan Merdeka Medan pada Selasa (13/8) malam.

“Ulang janji ini agar kita memahami dan tetap menjalankan semangat pembinaan kepada peserta didik dengan kembali mengucapkan Tri Satya,” jelasnya. Kemudian pada Kamis (14/8) pagi, HM Husni bersama unsur andalan cabang, pengurus kwartir ranting, para Pembina, dan peserta didik berziarah ke Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangara Medan.

Kemudian pada Kamis sore, dilaksanakan upacara peringatan HUT Gerakan Pramuka yang diisi pelantikan Pramuka Garuda untuk semua golongan peserta didik. Pramuka Garuda merupakan pencapaian kecakapan tertinggi pembinaan kepramukaan. Acara gelar senja itu dirangkai dengan penurunan Sang Merah Putih.

Sebelumnya, pada Jumat (9/8) juga digelar kegiatan donor darah di CadikaMedan Johor. HM Husni dan Keua Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Medan, Iskandar Zulkarnain Nasution turut berpartisipasi dalam kegiatan yang juga melibatkan para pendonor dari seluruh kwarran di Medan.

Tingkat Sumut

Terpisah, puncak peringatan HUT Gerakan Pramuka tingkat Sumut akan dilaksanakan di Lapangan Astaka Dispora Sumut di Jalan Wilem Iskandar (Jalan Pancing) Percut Seituan, Deliserdang, pada Selasa, 27 Agustus menda­tang. Gubsu Edy Rahmayadi selaku Kamabidasu akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Ribuan pramuka se-Sumut dipastikan akan hadir. Rangkaian upacara akan diwarnai dengan atraksi tarian daerah, atraksi Saka, marching­band, dan pemberian penghargaan Bintang Panca Warsa, penghargaan Darma Bakti, dan lainnya. (amad/rio)

()

Baca Juga

Rekomendasi