Basarnas Temukan Tiga Korban Longboat Hilang

basarnas-temukan-tiga-korban-longboat-hilang

Ternate, (Analisa). Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara, berhasil menemukan tiga korban longboat hilang saat melayari rute Ter­nate-Sanana, Kabupaten Halma­hera Selatan, dalam kondisi selamat.

"Ketiga orang yang dikabarkan hilang, di antaranya Sarjan Mamole (30 tahun) Irfan Ipa (38 tahun) dan Asis (35 tahun)," kata Kepala Basarnas Ternate Muham­mad Arafah di Ternate, Sabtu (24/8).

Menurut dia, KN SAR 237 Pandu­de­wanata tiba di lokasi sekitar Rabu (23/8) sore di koordinat LKP dan ber­hasil menemukan ketiga korban dalam keadaan selamat di koordinat yang telah ditentukan, arah barat daya dari koordinat LKP H 2. Selanjutnya per­sonel gabungan melakukan proses evakuasi terhadap ketiga korban ke atas KN SAR 237 Pandudewanata.

Sebelumnya, dalam pencarian itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait tentang kejadian tersebut dan mendapat informasi dari nelayan melalui radio bahwa ketiga korban terdampar di Pulau Mandioli, setelah mendapat informasi dari seorang istri korban yang menghu­bungi suaminya dan mendapat infor­masi bahwa mereka sudah berada di Pulau Obilatu dan sementara menuju Pulau Lifumatola, Kepulauan Mangoli.

Berselang satu jam setelahnya sekira pukul 15.20 WIT, sang istri mencoba menghubungi lagi, namun nomor telepon seluler korban sudah tidak aktif. Selanjutnya dilaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Ternate oleh adik korban atas nama Sahrony Ipa.

Menurut dia, ketika perahu fiber 15 Pk dengan penumpang tiga orang berlayar dari Ternate menuju Sanana pada Selasa, 20 Agustus 2019. Pukul 14.10 WIT, istri salah satu korban menghubungi suaminya dan didapat info bahwa posisi sudah berada di Pulau Obilatu dengan rencana pelayaran dari Obilatu langsung menuju Pulau Lifumatola, Kepulauan Mangoli.

Saat ini korban telah dievakuasi ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dan pukul 01.15 wit, dan pada Sabtu, KN SAR 237 Pandudewanta sandar di Pela­buhan Ahmad Yani Ternate. Selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga.

Kepala Basarnas Ternate, Mu­hamad Arafah menambahkan, dengan ditemukannya seluruh korban maka operasi SAR ditutup dengan kesim­pulan tiga korban ditemukan dalam keadaan selamat. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi