Densus Amankan Tiga Terduga Teroris

densus-amankan-tiga-terduga-teroris

Blitar, (Analisa). Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga orang terduga teroris dari wilayah Blitar, Jawa Timur, Jumat (23/8) malam. Tim sempat menggeledah salah satu rumah terduga untuk mencari barang bukti.

Ketiga orang yang diamankan itu yakni SU (53), warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ia merupakan seorang penjaga apotek dan diamankan oleh tim pada Jumat (23/8) malam di Kelurahan Beru, Kabupaten Blitar.

Terduga lainnya, KU (48), warga Kelurahan Sentul, Ke­ca­matan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di laundry dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 15.52 WIB di depan rumahnya. Kemudian, JO (47), warga Jalan Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di sebuah BPR di Kota Blitar dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB.

Setelah menangkap para terduga, Densus 88 membawa­nya ke Polres Blitar untuk diinterogasi awal. Selanjutnya akan dibawa ke Mako Brimob Polda Jatim. Para terduga teroris tersebut juga dalam keadaan baik.

Tim Densus dibantu kepolisi setempat juga sempat memenggeledah rumah terduga teroris SU di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Proses penggeledahan dilakukan secara tertutup.

Sejumlah warga mengaku kaget adanya petugas yang mengamankan tetangga mereka, salah satunya diungkapkan oleh Sugiono, tetangga dari JO, warga Jalan Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. "Kami tidak menyangka, sebab orangnya ramah dan sering ikut kerja bakti."

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridho membenarkan adanya penangkapan tersebut, serta penggeledahan yang dilakukan guna mencari barang bukti.

"Memang benar bahwa Polres Blitar telah membantu backup giat penindakan yang dilakukan  Tim Densus Mabes Polri yang telah mengamankan terduga teroris di wilayah Blitar," katanya.

Ia menambahkan, saat ini terduga teroris tersebut masih diperiksa oleh tim Densus. Sementara, untuk perkemba­ngan lebih lanjut dirinya masih menunggu dari Mabes Polri.

Disinggung terkait kronologis penangkapan, ia mengatakan, tim langsung membawa terduga teroris ke Polres Blitar untuk konsolidasi lalu dibawa ke Polda Jatim untuk pemeriksaan lanjutan. "Dari giat dimaksud ada satu terduga yang beralamat di Kabupaten Blitar dan dua orang terduga beralamat di Kota Blitar." (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi